Home / NUSANTARA / KM Express Bahari 9c Kandas Terbentur Karang Dipastilan Dalam Waktu Dekat Sandar Dipelabuhan Kalianget

KM Express Bahari 9c Kandas Terbentur Karang Dipastilan Dalam Waktu Dekat Sandar Dipelabuhan Kalianget

Transmadura.com, Sumenep –
Kapal Motor Exprees Bahari 9c yang kandas di perairan Pulau Kalosot Brakas, Kecamatan pulau Raas, Sumenep, Madura, Jawa Timur kemarin hampir selesai, dengan begitu dalam waktu dekat dipastikan akan sandar dipelabuhan Kalianget.

“Tadi kami dapat informasi kepada sekitar Pukul 18.00 WIB proses perbaikan 3 propeler (baling baling) telah selesai. Perbaikan di lakukan di Pelabuhan Brakas,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi, Selasa, 20 Juni 2017.

Dengan begitu menurutnya, kapal pengangkut mudik gratis yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu belum bisa beroperasi. Karena mesin masih membutuhkan clearence/pengecekan kondisi mesin. Selain itu masih memerlukan pengecekan alat kemudi yang lain.

Jika kapal dinyatakan sudah siap, maka awak kapal akan membawa ke pelabuhan kalianget untuk beroperasi sebagaimana biasanya. “Perbaikan diperkirakan membutuhkan waktu selama satu jam,” jelasnya.

Perlu diketahui, KM Express Bahari 9C merupakan kapal  yanh disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2017. Kapal yang melayani rute Pelabuhan Jangkar-Raas itu mengangkut sebanyak 360 penumpang dan 12 awak kapal.

KM Express Bahari 9C kandas diperairan pulau Kalosot Brakas, Kecamatan/Pulau Ra’as, tepatnya sekitar 1 mil dark pelabuhan Ra’as. Peristiwa itu terjadi sekitar Pukul 17.00 WIB. Dugaan sementara kandasnya kapal tersebur diduga karena membentur karang, karena terlalu minggir saat membelok ke pelabuhan Ra’as.

diketahui, karena badan kapal menyangkut batu karang di tepi pulau Kalosot. Insiden itu terjadi trip ke 2 route Jangkar Raas.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, sebanyak 360 penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Proses evakuasi itu dilakukan oleh anggota Koramil Raas, Polsek Raas dan masyarakat sedang membantu evakuasi penumpang ke pinggir pantai menggunakan kapal tradisional nelayan. ( Asm/hy)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkab Sumenep, Gelar Maulid Nabi 1443 Hijriyah di Depan Masjid Jamik

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, menggelar peringatan Maulid ...