banner 728x90

Dandim 0827/Sumenep Menghadiri Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana 2022

Dandim 0827/Sumenep Menghadiri Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana 2022


SUMENEP, (Transmadura.com) – Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. menghadiri Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana Tahun 2022.

Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Bupati Sumenep dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di Kabupaten Sumenep. Selasa (25/10/2022)

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H.,M.H. serta dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sumenep, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Sumenep Arie Andhika Adikresna, S.H., M.H., dan pimpinan OPD.

Serta diikuti oleh ratusan peserta terdiri dari unsur TNI, POLRI, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Damkar, Basarnas, PMI, Relawan Kebencanaan dan Stake Holder.

Dalam hal ini Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H.,M.H. mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh personel TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Satpol PP, PMI, Dinas Kesehatan, Relawan Kebencanaan, dan seluruh stake holder lainnya dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga :   Hadariadi Nomor Urut 2 Dapil 6 Laporkan Dugaan Suara Fiktif ke Bawaslu Sumenep

”Sebagai wilayah yang secara geografis terdiri dari kepulauan dan daratan, Kabupaten Sumenep berada di daerah rawan bencana, baik bencana faktor alam, non alam dan ulah manusia, oleh karena itu kejadian bencana di Kabupaten Sumenep harus diantisipasi dan dipersiapkan secara lebih dini” ujarnya.

Oleh karena itu lanjut Fauzi “Sangat diperlukan kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan agar dapat mengurangi tingkat resiko dari bencana yang terjadi. Untuk itu, maka upaya penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi antara semua stakeholder yang ada”, imbuhnya.

Dirinya juga berharap untuk meningkatkan sinergitas antar stake holder baik ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan dalam rangka upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Masyarakat juga diharapkan meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiasiagaan serta terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana menuju kabupaten sumenep tangguh bencana,” harapnya.

Baca Juga :   Jaktrada Arah Kebijakan Strategis Pemkab Sumenep Pengurangan Sampah Rumah Tangga

Menyikapi hal tersebut Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. mengatakan untuk tim penanggulangan bencana yang hadir di Apel Gelar saat ini agar berkoordinasi dan mempersiapkan diri dalam kesiap siagaan penanggulangan bencana alam.

“Hampir setiap hari wilayah Sumenep diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Apel pada pagi hari ini tujuannya untuk memantapkan dan mensiapsiagakan personil dalam menghadapi kemungkinan bencana alam di Kabupaten Sumenep,” ujarnya.

Namun demikian, imbuh Dandim tugas yang lebih berat dari kesiapsiagaan adalah menyadarkan masyarakat untuk bisa menjaga alam dan lingkungan.

“Menjaga keseimbangan alam tidak akan pernah mungkin bisa dilakukan oleh pemerintah saja tetapi harus melibatkan kesadaran dari masyarakat, sebagaimana apel siaga bencana ini harapannya bisa meminimalisasi dampak dari bencana ketika bencana itu datang,” imbuhnya.

(Pendim0827)