banner 728x90

Bersama Forkopimda, Dandim 0827/Sumenep Hadiri Hari Keluarga Nasional Yang Ke XXIX

Bersama Forkopimda, Dandim 0827/Sumenep Hadiri Hari Keluarga Nasional Yang Ke XXIX


SUMENEP, (Transmadura.com) – Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S. E. menghadiri Acara HARGANAS ke XXIX tahun 2022 Bersama Forkopimda Kabupaten Sumenep yang dipimpin langsung Bupati Sumenep Ahmad Fauzi, S.H., M.H., yang dihadiri oleh sekitar kurang lebih 200 orang dengan mengusung tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”, Kamis (07/07/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Tanjung Jl. Menara Suar No.02 Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep, kegiatan tersebut sebagai bentuk partisipasi TNI AD dalam memberdayakan wilayah pertahanan pada pengelolaan sumber daya manusia berkualitas serta menyukseskan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Dalam kesempatan kali ini Bupati Sumenep membuka acara tersebut serta menyampaikan sambutannya bahwa upaya percepatan penurunan stunting merupakan prioritas nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif.

Menginjak 29th HARGANAS masih nampak hal-hal yang perlu diperhatikan namun peringatan HARGANAS harus dijadikan sebagai wahana untuk mengembalikan kemandirian nilai – nilai luhur suatu eksistensi keluarga.

Program prioritas regional untuk memanfaatkan program prioritas kebijakan dengan tujuan menggerakkan dan mencapai keluarga bebas stunting dan penurunan stunting di masyarakat serta menggelorakan norma kecil keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Di waktu yang sama Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Mahardi Pramudya
, S. E . Berharap dalam peringatan HARGANAS kali ini Pemerintah terus berupaya bekerja sama dengan berbagai lintas sektor seperti TNI yang sudah terjalin sejak lama.

Baca Juga :   Semangat TNI Bantu Petani Cabut Bibit Padi

“Wujud nyata dari kerja sama itu di antaranya adalah program Manunggal TNI, pengawalan terhadap pelayanan Kesehatan dilakukan di berbagai pelayanan kesehatan, serta dalam hal ini peran aktif anggota TNI dalam kegiatan penyuluhan dan konseling sebagai motivator pria maupun wanita sangat diperlukan.

Kegiatan ini adalah salah satu wujud kepedulian dan peran serta satuan jajaran TNI dalam mensukseskan Program Bebas Stunting.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S. E. menjelaskan, stunting sendiri didefinisikan sebagai permasalahan kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang yang cukup lama.

“Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya,” ungkapnya.

Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi untuk kemajuan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kesehatan masyarakat serta membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan Kesehatan dan bebas Stunting di lingkungan masyarakat khususnya di wilayah binaan teritorial Kodim 0827/Sumenep.

Baca Juga :   Babinsa Bantu Penyiangan Gulma Tanaman Cabai di Rubaru

Demikian juga masyarakat setempat yang membahas tentang Stunting yang terjadi dalam keluarga kecil dan yang sering diderita oleh balita akibat kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Sehingga diharapkan sinergitas dari semua pihak untuk menekan angka meningkatnya Stunting dalam kehidupan yaitu dengan meminimalisir pernikahan dini dan meningkatkan perekonomian sebelum pernikahan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kab. Sumenep Ahmad Fauzi, S.H., M.H., Wakil Bupati Kabupaten Sumenep Hj. Dewi Khalifah, S.H., M.H., M.Pd.I., Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E., Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya, S.I.K., S.H., M.H., M.Pd.I., Kajari Kabupaten Sumenep Trimo, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si., Pimpinan OPD Kabupaten Sumenep, Forkopimcam Kecamatan Saronggi, serta Jajaran Kepala Desa Kecamatan Saronggi dan Masyarakat Desa Tanjung.

Kegiatan HARGANAS ( Hari Keluarga Nasional ) yang ke XXIX Tahun 2022 yang bertempat di Kecamatan Saronggi tersebut berlangsung secara hikmat, tertib dan aman. (Pendim0827)