banner 728x90

Babinsa Sukses Bina UMKM, Hingga Rekrut Puluhan Warga Yang Pengangguran

Babinsa Sukses Bina UMKM, Hingga Rekrut Puluhan Warga Yang Pengangguran


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Keuletan dan keteguhannya dalam menekuni usaha keripik singkong sejak 2016 tak sia-sia.

Kini telah berhasil memasarkan produk keripik singkongnya hingga ke wilayah pulau Jawa hingga Kalimantan dan Sulawesi.

Dia adalah Sertu Dina Mardiyanto, seorang Babinsa Koramil 03 Manding, Kodim 0827/Sumenep yang sukses menjadi pengusaha UMKM.

Karena jumlah produksi yang semakin meningkat ia juga melibatkan bantuan ibu-ibu warga di dekat rumahnya yang pengangguran.

Sertu Dina Mariyanto memperkerjakan puluhan warga sekitar untuk membantu usahanya yakni kripik singkong khas Manding.

“Waktu itu saya membuat kemasan dalam beberapa ukuran. Semakin lama jumlah yang diminta semakin banyak apalagi dari luar jawa. Mulailah saya minta memperkerjakan tetangga untuk ikut bantu-bantu buat keripik,” katanya. Jum’at (31/3/2023).

Baca Juga :   Dandim Sumenep Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Kunker Ke Giliiyang

Sertu Dina Maryanto pun mulai memperkerjakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumahnya. Ia juga mengajari mereka cara menggoreng, mengemas dan bagaimana menghasilkan keripik dengan standar yang sudah ia terapkan.

“Beberapa mulai saya pekerjakan dan saya ajari pelan-pelan. Sampai akhirnya keripik kami punya ciri khas di mana rasa yang gurih dan renyah. Nah untuk menghasilkan itu tentu ada standar-standarnya,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Sertu Dina Maryanto dengan mempekerjakan ibu-ibu sekitar rumah, ia membantu meringankan beban perekonomiannya.

“Kita aplikasikan perintah harian KSAD yaitu membantu mengatasi kesulitan rakyat sekilingnya, jadi kami selaku Babinsa dan pengusaha UMKM kita harus peduli, membantu masyarakat sekitar dengan memberinya pekerjaan di tempat kami,” tutupnya.

Baca Juga :   Kunjungi Koramil Jajaran, Ini Pesan Dandim 0827/Sumenep Kepada Anggotanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *