banner 728x90

Tak Hanya Layani Anggota, Tim Keslap Satgas TMMD 116 Kodim Sumenep Juga Berikan Layanan Kesehatan Warga

Tak Hanya Layani Anggota, Tim Keslap Satgas TMMD 116 Kodim Sumenep Juga Berikan Layanan Kesehatan Warga


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Kegiatan program terpadu dan lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 116 Kodim 0827/Sumenep yang dipusatkan di Dusun Panglema, Desa Tanjung Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, sudah berjalan 8 hari sejak dibuka oleh Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, pada 10 Mei 2023 yang lalu.

Tentu membuat kondisi kesehatan para personel Satuan Tugas (Satgas) TMMD 116 Kodim 0827 Sumenep, mengalami ganguan dikarenakan adanya perubahan cuaca. Sehingga, hal inilah yang dilakukan anggota Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) dari Poliklinik Kesehatan (Polkes) Kodim 0827 Sumenep yang tergabung dalam Satgas TMMD 116 Kodim 0827 Sumenep secara rutin memeriksa kondisi kesehatan anggota Satgas TMMD.

“Tidak hanya kepada personel Satgas TMMD maupun warga masyarakat sekitar, siapapun diperbolehkan berobat. Terlebih, untuk anggota Satgas itu sendiri,” ungkap salah satu tim Keslap Kodim 0827 Sumenep, Serma Supandi, Kamis (18/05/2023).

Bahkan, tim Keslap Satgas TMMD 116 Kodim 0827/ Sumenep ini siaga 24 jam. Secara berkala, melakukan pemeriksaan tensi darah terhadap anggota Satgas baik yang tidak ada keluhan maupun yang ada keluhan, hingga pemberian obat dan vitamin.

Baca Juga :   Hasil Produksi Panen Jagung Hibrida di Ellak Daya Capai 5 Ton/Hektar

Ditambahkan oleh Serma Supandi, bahwa dengan kondisi cuaca yang tak menentu atau ekstrem saat ini, panas menyengat bila siang hari dan dingin di malam hari membuat daya tahan tubuh lemah serta rentan terhadap penyakit.

“Tim Keslap Satgas TMMD 116 Kodim 0827/Sumenep selalu siap sedia melayani anggota Satgas maupun warga. Hal ini sudah menjadi tugas kami memastikan kondisi kesehatan personel Satgas dan warga baik yang ikut bekerja maupun warga disekitar lokasi TMMD tetap selalu dalam kondisi prima. Sehingga, bisa beraktifitas dengan baik dan nyaman,” kata Serma Supandi.

Dari pantauan, tim Keslap Satgas TMMD 116 Kodim 0827/Sumenep melakukan pemeriksaan mulai dari tensi darah, keluhan yang dirasakan oleh anggota Satgas maupun mendatangi warga dari rumah ke rumah, hingga pemberian obat.

Baca Juga :   Jaga Kualitas Hasil Panen Raya, TNI Bantu Jemur Padi

Ibu Jonni Ariani, salah satu warga Dusun Panglema, merasa bersyukur dengan berlangsungnya kegiatan program TMMD di dusunya. Pasalnya, banyak pembangunan baik fisik maupun non fisik dilakukan program tersebut seperti pelayanan kesehatan ini. “Alhamdulilah, TMMD ini tidak hanya membangun sarana prasarana umum tetapi juga ikut menjaga kesehatan warga. Sekali lagi terima kasih pak atas layanan kesehatan ini,” tuturnya.

Ungkapan terima kasih, dan apresiasi juga datang dari Kepala Dusun Panglema yang turut mendampingi tim Keslap Satgas TMMD 116 Kodim 0827/Sumenep berkunjung ke rumah warga yang mengajukan keluhan atas kondisi kaki yang tertusuk paku. “Apresiasi untuk anggota tim kesehatan Satgas TMMD, ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian bagi warga sekitar yang membutuhkan bantuan. Sekali lagi kami atas nama warga, mengucapkan terima kasih atas pelayanan kesehatan ini,” pungkasnya.