banner 728x90

Petani dan Babinsa Panen Jagung di Gunggung Produksi Hingga 7 Ton

Petani dan Babinsa Panen Jagung di Gunggung Produksi Hingga 7 Ton


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Para petani di Desa Gunggung, Kecamatan Kota Sumenep dibantu Babinsa, mulai sibuk mengangkat jagung ke dalam truk yang baru dipanen.

Menurut Serda Hainur Rahman Babinsa Koramil 0827/13 Rubaru, hasil panen jagung kali ini lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya produksi jagung tahun ini tidak hanya diperlukan pipil saja melainkan untuk pakan ternak, dimana dari keseluruhan tanaman jagung mulai dari batang, daun dan buahnya di panen untuk bahan baku silase.

Serda Hainur mengatakan kebutuhan silase jagung saat ini menjadi sumber penghasilan menjanjikan bagi para petani setempat.

“Dari lahan 0,4 hektar yang di panen hari ini bisa menghasilkan 7 ton dan langsung di kirim ke pabrik sialse di Kertasada Kalianget,” ujarnya. Selasa (28/11/2023).

Baca Juga :   Posyandu Kemuning Kodim 0827/Sumenep Gelar Sub PIN Polio, Sasar 30 Anak

Dia mengatakan panen selanjutnya akan dilaksanakan di lahan yang lain, di Gunggung, pasalnya permintaan dari Pabrik cukup meningkat.

“Panen masih berlanjut, karena lahan yang di tanam jagung masih luas, jadi gantian,” kata Serda Hainur.

Pihaknya juga berharap di awal musim penghujan saat ini para petani lebih bergairah lagi menanam jagung.

“Kita kemarin sudah membuktikan bahwa hasil silase jagung langsung di ekspor ke Korsel dan ini tentunya sangat menguntungkan bagi para petani,” harapnya.