banner 728x90

Dandim Sumenep Dorong Optimalkan  Lahan Tidur Menjadi Sentra Jagung

Dandim Sumenep Dorong Optimalkan  Lahan Tidur Menjadi Sentra Jagung


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si. tinjau tanaman jagung di Desa Guluk-Guluk, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep.

Peninjauan didampingi langsung Danramil 0827/07 Guluk-Guluk Kapten Inf Heri Suharminto bersama Babinsa di lahan seluas 1 hektar milik H. Zaini.

Hal ini dilakukan dalam rangka guna meningkatkan ketahanan pangan jagung untuk silase yang menjadi program Kodim 0827/Sumenep.

Dalam peninjauannya Dandim Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si. mengapresiasi dimana tanaman jagung di Desa Guluk-Guluk pertumbuhannya bagus.

“Saya lihat jagung usia 35 hari sudah terlihat bagus, batang jagungnya besar, artinya kita sekarang bagaimana menggalakkan Sumenep ini untuk bisa bertanam jagung yang baik,” ucapnya.

Baca Juga :   Puskesmas Manding Serap Permasalahan Kesehatan di Tiap Desa

Pada kesempatan itu juga Letkol Donny meninjau tempat penampungan air di sawah dan menginstruksikan lahan tidur yang ada di Sumenep di produktifkan untuk di jadikan sentra jagung.

Selain itu, pihaknya juga ingin menggerakkan masyarakat agar di setiap lahan untuk di bor.

“Lahan-lahan tidur nantinya kita akan gerakkan semua untuk menjadi sentra jagung, kita juga gerakkan untuk ngebor air, agar lahan kering yang biasanya di tanami musim hujan, nantinya bisa produktif sepanjang tahun, sehingga kita akan menuju masa kejayaan jagung dan sapi madura,” jelasnya.

Sementara itu, Danramil 0827/07 Guluk-Guluk Kapten Inf Heri Suharminto mendukung langkah kodim untuk memperkuat ketahanan pangan pada tanaman jagung.

Baca Juga :   Tahun Ini, Petani Akan Banyak Beralih Tanam Tembakau, Gapoktan Minta Ketersediaan Pupuk Tercukupi

“Saya himbau kepada masyarakat disini yang punya lahan agar menanam jagung, sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya, terlebih masyarakat pedesaan disini, banyak mencari mata pencaharian sebagai petani,” ungkapnya.