Tak Berkategori  

Dandim 0827/Sumenep Bersama Wakil Bupati Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

SUMENEP, (Transmadura.com) – Pemerintah Kabupaten Sumenep mulai melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah.

Launching vaksinasi covid 19 untuk anak Sekolah Dasar usia 6-11 tahun saat ini dilaksanakan di SDN IV Parsanga, Desa Parsanga Kecamtan Kota, Kabupaten Sumenep dengan penanggung jawab Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md dan diikuti sebanyak 250 siswa. Rabu (02/02/2022)

Dalam sambutannya, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md mengatakan vaksinasi covid-19 tidak hanya untuk kalangan dewasa, namun juga anak-anak dengan usia 6-11 tahun atau usia sekolah dasar untuk membentuk herd immunity.

“Saat ini kami melaksanakan Launching perdana vaksinasi covid 19 bagi anak usia 6 – 11 tahun, dengan tujuan untuk menjaga kekebalan tubuh atau terbentuk herd imunity, karena anak-anak sangat rentan tertular, apalagi saat ini sedang marak varian omicron yang sangat cepat penularanya,” ujar Dandim

Menurutnya, Vaksinasi ini merupakan upaya dan langkah strategis membantu menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Sumenep.

“Vaksinasi kali ini menyasar ratusan siswa siswi SDN IV Parsannga. Ada 250 siswa siswi yang sudah di vaksin. Hal ini dilakukan untuk mendukung peningkatan cakupan vaksinasi anak yang belum lama ini telah mendapatkan izin dari pemerintah. Harapannya semoga segera terwujud herd immunity,” pungkasnya

Sebelum vaksinasi ini dilakukan, tim Nakes dari Poskesdim 0827/Sumenep dan Puskesmas Pamolokan sudah melakukan antisipasi-antisipasi terhadap kemungkinan yang akan terjadi.

Dandim menegaskan kepada para Nakes agar di cek betul kesehatan anak-anak sebelum di suntik vaksin, mulai dari tahap registrasi hingga observasi.

“Kita pastikan kesehatan anak-anak sebelum di vaksin, jika memenuhi syarat maka tim nakes akan melanjutkan penyuntikan, begitu sebaliknya apabila tidak, maka tidak akan di suntik” tegasnya

Perwira berpangkat Melati Dua ini langsung menyapa sejumlah anak-anak yang terlihat takut untuk disuntik. Berbagai upaya dilakukan Dandim 0827/Sumenep agar anak-anak tidak takut untuk disuntik vaksin.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa vaksin yang diberikan untuk anak usia 6-11 tahun ini menggunakan vaksin jenis Sinovac.

“Pelaksanaan vaksinasi ini akan diadakan di seluruh Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah Kabupaten Sumenep secara bergiliran, bagi siswa yang berumur 6 hingga 11 tahun, yang memenuhi syarat akan dilakukan vaksinasi,” Ungkap Dandim

Dandim Letkol Inf Nur Cholis, A. Md juga berterimakasih kepada orang tua dan guru serta instansi terkait yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Vaksin bagi anak usia 6 – 11 tahun, mudah-mudahan nantinya merubah pandemi ke endemi.

“Semoga dengan ikhtiar yang dilakukan selama ini dalam memerangi virus covid-19 dapat memutus rantai penyebaran Covid-19, dan tentunya disiplin prokes harus dilaksanakan.” harapnya.

(Pendim0827)