banner 728x90

Dalam Perawatan Cabe, Babinsa Prenduan Lakukan Pendampingan Petani


Transmadura.com, Sumenep — Babinsa Prenduan  Koramil 0827/09 Pragaan, Kodim 0827 Sumenep Disela sela giat Upsus serapan gabah di Desa Prenduan Koptu Saruji menyempatkan keliling Desa binaan melaksanakan pendampingan perawatan tamanan cabai rawit, di rumah Bapak Amsuri Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep.  Minggu (23/7/2017).

Dikarenakan musim yang tidak menentu  ada beberapa petani yang beralih pola tanam dari padi ke palawija seperti Kacang, Jagung, Kedelai, sayur mayur dan tanaman palawija lainnya,para petani berasumsi bahwa sayuran dipasaran harganya stabil bahkan apabila nasib lagi mujur harga cabai dan sayuran lainnya harganya bisa mahal.

Menurut Koptu Saruji bahwa tujuan melakukan pendampingan dengan cara membantu petani cabe rawit melakukan perawatan yang baik dan benar sesuai arahan dari PPL, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kendala dan permasalahan apa yang dihadapi masyarakat petani Cabe atau polowijo berkaitan dengan musim yang tidak menentu ini.

Bapak Amsuri pemilik lahan cabe rawit di Desa Prenduan ini menjelaskan sangat gembira karena dengan pendampingan  dan pembekalan dan arahan dari Bapak Babinsa dan PPL walaupun secara singkat bisa menambah wawasan tentang tata kelola tanaman polowijo sehingga masyarakat yang menanam Polowijo misalnya tanaman cabe rawit, kedelai dan kacang merasa puas dan  hasil panennya bagus. 

Baca Juga :   Presiden Jokowi Setujui Kontrak Kerja P3K Diputus?

” Kedepan kebersamaan Babinsa, PPL,  dinas terkait dan Petani hendaknya tetap di pertahankan sehingga apabila terjadi musim yang kurang bagus dan tidak bisa menanam padi seperti ini, petani masih bisa melakukan aktivitas dengan menanam sayuran, cabe maupun tanaman polowijo lainya. Pungkasnya.‎ ( pur/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *