banner 728x90

Bantu Rawat Jagung Petani, Babinsa Koramil 05 Lenteng Lanjutkan Pembuatan Bedeng Seluas 2 Hektare

Bantu Rawat Jagung Petani, Babinsa Koramil 05 Lenteng Lanjutkan Pembuatan Bedeng Seluas 2 Hektare


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Perawatan jagung dalam rangka ketahanan pangan Kodim 0827/Sumenep terus dilakukan mengingat pertumbuhan jagung kian meninggi.

Kali ini Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng membantu petani melanjutkan pembuatan bedeng jagung di lahan seluas 2 Hektare setelah tanam usia 30 hari milik bapak Adnan di Desa Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Kamis (8/12/2022).

Serka Syaiful Imam Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng menjelaskan pengolahan ulang tanah dengan cara membedeng merupakan tindakan yang penting untuk menciptakan kondisi tanah agar pertumbuhan jagung bisa subur dengan optimal.

“Kita hari ini lagi melakukan pemebedengan kembali lahan jagung, yang pertama semakin tinggi ukuran jagung yang tumbuh, makan manfaat bedeng ini agar tidak gampang rebah,” ujarnya.

Baca Juga :   Arahan Kepada Prajurit dan Persit, Dandim Sumenep Tegaskan Netralitas TNI Jelang Pemilu 2024

Yang kedua lanjut Serka Syaiful Imam “ketika hujan yang ekstrim saat ini, gampang tergenang, tapi kalau sudah di bedeng seperti ini, memang air masuk saat hujan tapi tidak akan mudah terendam pohon jagungnya, yang selanjutnya tidak mudah busuk akar dan tidak mudah kena penyakit,” imbuh Serka Syaiful Imam.

Adapun selanjutnya yang dilakukan para Babinsa menyeleksi pohon jagung yang tidak sehat (hama bule). Yang dimaksud hama bule tersebut ialah daun jagung yang menguning.

Serka Syaiful Imam menjelaskan bahwa dirinya bersama Babinsa yang lain memberi sosialisasi kepada petani agar para petani mencabut pohon jagung yang terindikasi hama bule.

“Kami mengontrol langsung ke lahan sekaligus memberi sosialisasi ke petani agar mencabut pohon jagung yang terindikasi kena hama bule atau dibilang hama jamur, ini dimaksudkan agar tidak menular ke pohon jagung yang lain,”

Baca Juga :   Posyandu Kemuning Kodim 0827/Sumenep Gelar Sub PIN Polio Putaran Kedua

Lanjutnya, “Untuk penanganannya sendiri, kami himbau kepada petani agar di cabut, jadi mending kita cabut jagung yang terkena hama bule demi menyelamatkan jagung yang lain,” tambahnya.

Sementara itu bapak Adnan pemilik lahan mengaku senang dengan kehadiran Babinsa dengan membantu melakukan perawatan jagung miliknya.

“Saya merasa senang dan terbantu dengan kehadiran para Babinsa disini, saya tidak menyangka mereka ternyata paham dengan jagung, saya mengucapkan Terima kasih banyak atas bantuanya, semoga kelak saat panen raya bisa maksimal hasilnya,” ucapnya.