banner 728x90

Bantu Rakit Pembuatan Mesin Silase Babinsa 0827/02 Kalianget Turun Lapangan

Bantu Rakit Pembuatan Mesin Silase Babinsa 0827/02 Kalianget Turun Lapangan


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Babinsa 0827/02 Kalianget Serka M.Ridwan mendampingi dan ikut membantu merakit pembuatan mesin produksi silase pakan sapi PT. Prima indoteknik Cemerlang yang diketuai oleh Bapak Fatkur bekerja sama dengan Kodim 0827/Sumenep yang bertempat di gudang dan pabrik silase jagung Desa Kertasada Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, Kamis (19/01/2023).

Silase adalah salah satu teknik pengawetan pakan atau hijauan untuk ternak ruminansia pada kadar air tertentu melalui proses fermentasi mikrobial oleh bakteri asam laktat yang disebut ensilase sedangkan untuk Silase jagung adalah pakan fermentasi yang terbuat dari keselurahan tanaman jagung yang dicacah dengan ukuran tertentu yang difermentasi dengan bantuan mikroba lactobacillus dan bakteri asam laktat.

Baca Juga :   Latih Anak-Anak Bela Diri Karate, Danposramil Batuan : Pembinaan Harus dari Usia Muda

Mesin ini diberi nama Comprage (chopper machine and press forage) 1000 dengan kapasitas produksi 500kg -1000 kg per jam dengan alat pencacah dan pengepres hidrolis bertenaga penggerak mesin diesel.

Pada saat mesin silase sudah bisa bekerja dan berproses produksi, Kodim 0827/Sumenep bekerja sama dengan PT. Citra Kartika berharap bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Sumenep, mendukung program ketahanan pangan pemerintah, menggali kearifan lokal Madura terutama yang bertanam jagung dan beternak sapi serta dapat mensukseskan pembinaan teritorial Kodim 0827/Sumenep guna kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Salah satu warga mengatakan bahwa respon masyarakat sangat bagus dan senang dengan adanya mesin silase ini karena manfaat silase ini sangat bagus dan baik untuk menunjang ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Sumenep Khususnya warga Kecamatan Kalianget.

Baca Juga :   Posyandu Kemuning Kodim 0827/Sumenep Gelar Sub PIN Polio, Sasar 30 Anak

(Pendim0827)