Tak Berkategori  

Babinsa Kalianget Bersama Tiga Pilar dan Nakes Melakukan Tracing di Warga Karanganyar

SUMENEP – Sebagai upaya meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 varian Omicron, Babinsa Koramil 0827/02 kalianget Koptu Hendra W bersama tiga pilar dan Nakes melakukan penelusuran kontak erat pasien sucpect covid-19 di Dusun Dungmondung RT/001 RW/002, Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Sabtu (05/02/2022)

Diketahui ada 20 orang yang di lakukan tracing dan testing diantaranya anggota keluarga dan tetangga terdekat pasien suspect covid-19.

Saat di lokasi kegiatan, Babinsa Koptu Hendra W. mengatakan, penelusuran kontak erat atau tracing yang dilanjutkan testing ini sebagai tindak lanjut dari informasi adanya warga suspect covid-19. Hal ini dilakukan, untuk memastikan ada tidaknya penyebaran di lingkungan terdekat pasien atau warga suspect, sehingga dapat dilakukan penanganan secara dini.

“Kami dari tiga pilar bersama Tim Nakes melakukan penelusuran dan mendata warga yang memiliki kontak erat dengan pasien, khususnya pihak keluarga dan tetangga dekat, untuk selanjutnya dilakukan testing melalui swab antigen”ujarnya

“Tujuan dari testing (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan) adalah untuk menemukan kasus-kasus baru secara cepat, sehingga bisa mencegah penularan dan mempercepat tindakan treatment untuk penyembuhan,” pungkas Koptu Hendra

Diapun melanjutkan, “Data tracing dan testing pertama akan didahulukan dengan pencatatan manual dilanjutkan dimasukkan ke digital tracer untuk menginput ke aplikasi SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan),” jelasnya.

Selain itu Babinsa Koptu Hendra W. memberikan edukasi kepada keluarga dan tetangga pasien untuk selalu menjaga kesehatan dan menghimbau kepada tetangga pasien agar mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M untuk memutus penyebaran Covid-19.

(Pendim0827)