Home / NUSANTARA / Listrik di Pulau Raas Padam, PLN Dinilai Lalai

Listrik di Pulau Raas Padam, PLN Dinilai Lalai

SUMENEP, (TransMadura.com) – Padamnya penerangan lampu tenaga desel (PLTD) di Kepulauan Ra’as, Sumenep, Madura, Jawa Timur, akibat kekurangan bahan bakar minyak (BBM) solar. Padamnya penerangan, pihak PLN dinilai lalai.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Setempat, H Risnawi, bahwa padamnya lampu di Kepulauan Raas itu akibat lalainya dari pihak PLN.

“Pihak PLN harusnya peka kalau cuaca exstrim musiman, tidak sampai terjadi kekosongan Bahan Bakar Minyak Solar,” katanya.

Harusnya, lanjut Risnawi, pihak PLTD PLN Raas sebelum harus ada antisipasi stok BBM solar tidak sampai kosong, antisipasi itu cuaca exstrim biasanya terjadi pada bulan 8 sampai bulan 11.

“Antisipasi kekosongan itu, pada
bulan 6 -7 sudah bisa dilaiukan nyetok BBM, tidak harus nunggu kosong,” ungkap Politisi PKB asal kepulauan ini.

Pihaknya meminta PLN, untuk mengatasi terjadinya pemadaman lampu di pulau raas ini. “Kasihan masyarakat sudah empat hari terjadi pemadaman,” ucapnya.

Sementara, informasinya padamnya listrik di kepulauan Raas, sampai saat ini masih belum nyala.

Padamnya listrik terjadi sejak tanggal 16 sampai hari ini belum bisa menerangi pulau yang ada di ujung timur kabupaten sumenep. alternatif warga untuk penerangan sebagian besar pakai tenaga aki bagi yang tak mampu. Sedangkan yang mampu pakai diesel dan tenaga Surya.

Petugas PLN Raas bagian Mesin, Syaiful mengatakan, sejak tiga hari lalu dari tanggal 16 agustus 2019 sampai hari ini, penerangan lampu di Pulau Raas padam. Sebab kehabisan Bahan Bakar Minyak Solar.

“Ya listrik padam. Terkendala Bahan bakar habis,” katanya, senin (19/8/2019).

Habisnya BBM solar, Kata Syaiful, pengiriman tidak bisa berangkat akibat cuaca angin sangat exstrim.
“Kapal tidak bisa berangkat, akibat cuaca angin kencang,” ungkapnya.

Ditanya kapan akan listrik hidup lagi. Mereka tidak bisa memastikan sebab cuaca belum bisa diprediksi. “Belum tau kapan, mungkin dalam waktu dekat BBM akan dikirim,” ucapnya.

(Fero/Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Fraksi PDIP Menyetujui Hak Interpelasi Perbup Pilkades 54 2019

SUMENEP, (TransMadura.com) – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Kabupaten Sumenep, ...