banner 728x90

Korban Kebakaran Toko, Dua Petugas Pemadam Pingsan

Korban Kebakaran Toko, Dua Petugas Pemadam Pingsan


SUMENEP, (Transmadura com) – Dua petugas pemadam kebakaran (Damkar) pingsang saat melakukan proses pemadaman kebakaran toko di Jl. Gersik Putih, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

“Sempat pingsan saat berupaya memadamkan api karena gangguan pernapasan yang disebabkan asap,” kata AKP Widiarti, Kasi Humas Polres Sumenep, Minggu pagi.

Peristiwa kebakaran toko milik Zainol Hasan warga Desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Sumenep itu terjadi pada Sabtu, (17/9/2022) sekitar pukul 17.45 wib. Kebakaran dipicu akibat api yang timbul dari alat tambal ban.

Menurut Widi, saat peristiwa terjadi terdapat seorang yang menambal ban. Sementara pemilik toko sedang menuangkan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dari jerigen ke botol eceran. Kemudian BBM itu tumpah ke tanah hingga menjalar ke tungku pembakaran tambal ban. Sehingga api langsung menyambar tumpahan BBM pertalite yang tumpah tersebut.

Baca Juga :   Melimpah, Petani di Rubaru Panen Kacang Tanah di Bantu Babinsa

“Kemudian api membesar dan seketika menjalar dan membakar isi yang ada dalam bengkel,” jelas Widi.

Sontak, pemilik toko bersama warga berusaha untuk memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya berupa air dan pasir. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil hingga menghanguskan bangunan toko yang didalamnya terdapat sepeda motor, oli, bensin, dan LPG 3 Kg.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar Pukul 19.30 Wib setelah 3 unit mobil Damkar di kerahkan ke lokasi kejadian,” jelas Widi.

Akibat kejadian tersebut, pemilik toko mengalami luka ringan pada kaki sebelah kanan. “Adapun kerugian atas kejadian tersebut ditaksir mencapai Rp. 300 juta,” jelas Widi.