Tak Berkategori  

Dandim 0827 Sumenep Mengikuti Upacara Virtual Hari Lahirnya Pancasila Bersama Presiden RI

SUMENEP, (TransMadura.com) – Memperingati Hari Lahir Pancasila, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis. A.Md. Ikuti Upacara secara virtual Bersama Presiden RI. Kegiatan tersebut di gelar bersama Bupati Sumenep Beserta Forkopimda di Ruang VIP Rumah Dinas Bupati, Selasa (01/06/2020 ).

Pada peringatan lahirnya Pancasila tahun ini mengangkat tema “Pancasila Dalam Tindakan bersatu untuk Indonesia tangguh”.

Dalam upacara yang digelar secara virtual tersebut, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menyampaikan beberapa hal mengenai pentingnya untuk menunjukkan nilai-nilai Pancasila di tengah masa pandemi.

Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan dalam bernegara walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang republik Indonesia ini berdiri namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antara pandangan rivalitas antara nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan berkerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

Sementara itu, Dalam Kesempatan tersebut Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis. A.Md. juga mengajak masyarakat untuk menjadikan peringatan hari lahir Pancasila tersebut sebagai momentum kebangkitan bersama dan bergotong royong untuk saling menguatkan di masa pandemi covid-19.

”Sebagaimana dalam amanat bapak Presiden yang mengajak seluruh elemen bangsa untuk meneguhkan dan saling membantu tanpa membedakan kelompok, ras, dan agama demi melindungi segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” imbuhnya.

Sehingga, tantangan yang hadapi kali ini tidaklah mudah, situasi sulit masih akan hadapi yang memerlukan daya juang kita sebagai Bangsa yang memerlukan kerja keras, agar kita mampu melewati masa sulit ini dalam mempersiapkan diri memasuki tatanan kehidupan normal baru produktif dan aman Covid-19.

(Pendim 0827)