Almarhum Menangkan Pilkades Rubaru, Camat: Semua Diserahkan ke DPMD

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah selesai digelar pada Kamis (25/11/2021) kemarin.

Namun, dari berbagai kecamatan yang melangsungkan pesta demokrasi tingkat desa itu, Desa Rubaru, Kecamatan Rubaru, dimenangkan oleh calon yang sudah meninggal.

Almarhum Rudiyanto, sebagai calon incumbent ditetapkan panitia Pilkades sebagai pemenang mengantongi suara terbanyak di 8 TPS dari dua calon lainnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara di panitia Pilkades Rubaru, Nomor urut 01 Abd Latip, memperoleh 31 suara. Nomor urut 02, Moh Munandar, mendapatkan 1005 suara dan nomor urut 03 atas nama Rudiyanto, mendapatkan 1344 suara.

Camat Rubaru, Arif Firmanto mengatakan, bahwa hasil pelaksanaan Pilkades di desa rubaru dimenangkan oleh patahana yang sudah meninggal. “Ya dimenangkan oleh Rudiyanto yang meninggal dunia,” katanya.

Baca Juga :   BANGGAR Nyatakan Pencapaian WTP, Sumenep Dalam Keadaan Baik

Namun, jelas Arif, jika pemilihan Kepala Desa Rubaru tidak ada masalah dan dinyatakan sah demi hukum. “Pelaksanan Pilkades itu sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tentang Desa, dan Perartuan Bupati Nomor 54/2019 dan Perbup Nomor 15/2021. tidak mekanggar,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pelaksanaan Pilkades Rubaru dinyatakan selesai dan Panitia Pilkades Rubaru telah melaporkan hasilnya kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Nanti laporan itu akan diteruskan kepada PMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) oleh BPD. Mengenai langkah selanjutnya itu sudah kewenangan PMD,” ujarnya.

Bahkan sambung Arif, jauh sebelum pelaksanaan Pilkades digelar pihaknya telah melakukan koordinasi dengan DPMD Sumenep. Hasilnya Pilkades Rubaru tetap digelar bersamaan dengan 84 desa yang lain. Sesuai Keputusan Bupati Pilkades serentak di Sumenep dilaksanakan pada 25 November 2021.

Baca Juga :   Mahasiswa Pertanyakan Kinerja DPRD Sumenep

“Kami juga sudah menjawab atas apa yang menjadi keraguan dari semua calon,” tegas dia.

(Asm/red)