Home / NUSANTARA / Gunung Semeru Meletus, Warga Berlarian Menyelamatkan Diri

Gunung Semeru Meletus, Warga Berlarian Menyelamatkan Diri

NUSANTARA, (TransMadura.com) – Gunung Berapi Semeru Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan erupsi, Sabtu, (4/12/2021) sore.

Gunung berapi yang terletak di antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur itu mengeluarkan asap pekat. Warga disekitar gunung Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, tampak berlarian menyelamatkan diri. Sebagian warga menggunakan kendaraan bermotor.

Berdasarkan video yang beredar melalui media sosial, gunung dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut mengeluarkan abu vulkanik.

Bahkan di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang tampak gelap gulita setelah peristiwa meletusnya Gunung Semeru. “Info sementara, Sumbewuluh lahar Semeru meletus. Jam 4 sore seperti malam gelap gulita saudara,” suara dalam video itu.

Suara itu mengimbau kepada warga dan Desa di Kabupaten Malang untuk waspada. “Inilah kondisi di Lumajang saat ini, jam 4 sore seperti malam hari, hujan lebat disertai angin,” ujar dalam Video itu.

Dalam video lain menyatakan kondisi di Desa Sumberwuluh sangat gelap. “Sumberwuluh bagian balai desa tidak kelihatan apa-apa. Petteng (gelap) langitpun tidak kelihatan,” jelasnya sembari meminta warga waspada dan menyuruh warga minggir di jalan raya.

Dilansir dari Okezone.com Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru mencapai 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung ini terbentuk akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Empat Pilar Kecamatan Pragaan Lakukan Grebek Vaksin Turun Ke Dusun Dusun

SUMENEP, (TransMadura.com) – Bertempat di desa Prenduan Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, empat ...