Home / SUMENEP / Sajian Lomba “Egrang” Puncak HKN 2019 di Pantai Lombang

Sajian Lomba “Egrang” Puncak HKN 2019 di Pantai Lombang

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Puncak acara HKN 2019, dipantai wisata lombeng pada kamis (28/11/2019) digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Sejumlah kegiatan dalam rangkaian peringatan HKN tahun 2019 ini sudah dilaksanakan Pemkab Sumenep, dengan sajian lomba kreatif, salah satunya lomba engrang yang melibatkan puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten ujung timur pulau madura, beberapa hari lalu.

Selain itu, rangkaian HKN yang lain adalah gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang juga sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Berikutnya, ada ramah tamah di Pendopo Agung Sumenep dan dilanjutkan dengan penampilan Sumenep Spektakuler menampilkan ragam budaya asali sumenep, tadi malam.

Bupati Sumenep, Abuya Busryo Karim mengaku bangga, puncak peringatan HKN Provinsi Jawa Timur dilaksanakan di Sumenep. Terlebih, tempat yang digunakan adalah Pantai Lombang. Salah satu destinasi wisata Sumenep yang kesohor dengan cemara udangnya.

“Pilihan HKN di Pantai Lombang karena kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda dengan puncak peringatan tahun sebelumnya, mengingat para undangan selain menikmati wisata juga penampilan seni dan budaya khas masyarakat Sumenep,” kata Busyro.

Lanjut Busyro, kepercayaan yang diberikan pada kabupaten berlambang kuda terbang ini untuk melaksanakan puncak peringatan HKN, dapat menjadi suntikan moral bagi Sumenep untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Tentu saja, dengan pilihan Kabupaten Sumenep sebagai tuan rumah HKN, memberikan suntikan moral bagi Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder kesehatan untuk lebih optimal dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kohar Hari Santoso mengatakan, pihaknya mempunyai banyak sasaran aspek kesehatan yang menjadi target. Mulai masalah pemenuhan gizi, lingkungan, hingga pencegahan penyakit menular.

Untuk itu, dia berharap dukungan masyarakat untuk melaksanakan berbagai akselerasi kesehatan. Tujuannya, agar program tersebut dapat berjalan maksimal, sehingga dapat meningkatkan pola hidup sehat masyarakat.

“Perlu peran dan keterlibatan masyarakat dalam mengawal kebijakan kesehatan agar mampu menggerakkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan,” katanya saat menghadiri puncak peringatan HKN tahun 2019 di Pantai Lombang.

Dalam pelaksanaannya, puncak peringatan HKN di Pantai Lombang diwarnai serangkaian acara. Mulai jalan sehat, parade egrang, gerakan bersih pantai, penampilan seni dan budaya saronen dan lain-lain. Selain itu juga ada kampanye kesehatan serta penandatanganan komitmen dan penyerahan 10 unit mobil ambulance. (Red).

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemdes Billapora Barat Lakukan Vaksinasi Edukatif dan Persuasif

SUMENEP, transmadura.com – Pemerintah Desa Billapora Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura, ...