Home / SUMENEP / Babinsa Bringsang Ramil 0827/23 Giligenting Bantu Pengolahan Lahan

Babinsa Bringsang Ramil 0827/23 Giligenting Bantu Pengolahan Lahan

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pengolahan lahan yang dilakukan Babinsa Sertu Hari Sunyoto guna untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami tanaman jagung. Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan baik itu beras maupun jagung khususnya bagi masyarakat harus selalu terjamin.

Di ladang milik Bapak Sulami Babinsa Sertu Hari Sunyoto membantu membajak lahan seluas 500 m2 yang nantinya akan ditanami tanaman jagung. Lokasi lahan yang dibantu Babinsa Koramil 0827/23 Giligenting terletak di Dusun Bringsang Desa Bringsang Kecamatan Giligenting. Madura-Jawa Timur.

Menurut Sulami (54), cuaca kali ini diperkirakan sudah memasuki musim labuhan, jadi kami harus gerak cepat persiapkan pengolahan lahan untuk ditanami jagung. Alhamdullah kami merasa terbantu dengan kehadiran Babinsa Sertu Hari Sunyoto yang selalu pro aktif membantu mendampingi pertanian di desa kami, ujarnya. Sabtu, (3/11/2018).

Dijelaskan oleh Babinsa Desa Bringsang anggota Koramil 0827/23 Giligenting bahwasanya, pengolahan tanah baik menggunakan sistim bajak maupun dengan menggunakan traktor pada dasarnya untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar atau melumpur.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma akan mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” papar Sertu Hari.

Babinsa yang kesehariannya berdinas di Koramil 0827/23 Giligenting menerangkan, pada pengolahan tanah sawah maupun ladang harus dilakukan dengan baik dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

“Dengan pengolahan yang dibantu oleh Babinsa diharapkan para petani akan lebih semangat dalam merawat tanaman serta harapannya dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional,” imbuhnya menerangkan.

Menurut Danramil 0827/23 Giligenting Kapten Inf. Eko Prayitno dengan terpenuhinya kebutuhan pangan maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang sehingga mampu berperan dalam pembangunaan.

Dan perlu kita ketahui bersama bahwasanya, kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa itu sangatlah penting. Penyediaan pangan yang cukup, merata dan bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat Desa Bringsang Kecamatan Giligenting merupakan suatu prioritas yang terpenting guna mewujudkan program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan nasional, “pungkasnya”. (Man/Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkab Sumenep, Gelar Maulid Nabi 1443 Hijriyah di Depan Masjid Jamik

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, menggelar peringatan Maulid ...