Temuan Sidak Pengelolaan DD/ADD Desa Masakambing “Tidak” Transparan

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Kinerja Kepala Desa Masakambing, Kecamatan/Pulau Masalembu, Sumenep, terus jadi sorotan. Pasalnya, selain temuan inspektorat saat sidak Kades tidak di kantor balai, bahkan, keterbukaan publik bentuk tranparansi penganggaran DD /ADD untuk pasang Bener APBdes diabaikan.

Hal itu dibenarkan Camat Masalembu Heru Cahyono, bahwa saat sidak Kepala Desa Masakambing tidak ada ditempat. “Kepala Desa Masakambing telah kami panggil, dan sudah ditegur,” katanya.

Temuan lain, kata Heru, bentuk transparansi kepala desa dengan pengelolaan Dana Desa (DD)-Alokasi Dana Desa (ADD) tidak memasang bener APBdes hingga sekarang. “Dilokasi Bener APBdes tidak terpasang hingga sekarang,” ungkapnya.

Padahal, Heru mengaku, sebelumnya sudah mewanti wanti agar banner APBDes dipasang sebagai bentuk transparansi. Namun pihak desa katanya berdalih belum dikirim.

Baca Juga :   BANGGAR Nyatakan Pencapaian WTP, Sumenep Dalam Keadaan Baik

“Harusnya sejak APBDes disahkan sudah dipublikasikan. Semua desa sudah melakukan syarat itu, termasuk desa keramaian sebagai desa terjauh di pulau Masalembu.

Selain itu, lanjut Heru, pemerintah Desa juga tidak bisa menunjukkan administrasi desa yang dikerjakan selama ini. “tugas kepala desa dan perangkat nya bukan sekedar masuk kantor, tetapi bekerja sesuai tupoksi nya, salah satunya menyelesaikan administrasi desa, ini penting dan harus dilakukan oleh pemdes” tukasnya.

Sebelumnya, Tim inspektorat kabupaten Sumenep, melakukan sidak ke kecamatan Masalembu. Rombongan Inspektorat Sumenep melakukan sidak ke Desa Masakambing pada (10/6/ 2021).
juga didampingi Camat Masalembu dan Ketua Komisi I DPRD Sumenep.

Saat di lokasi temuan inspektorat Kepala Desa sedang tidak ada di kantor balai desa atau bolos dengan alasan sedang berada di daratan kota Sumenep.

Baca Juga :   Upaya BPPKAD Sumenep Memberikan Penyadaran Masyarakat Taat Bayar PBB

(Asm/red)