banner 728x90

Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Pragaan Bantu Petani Beri Pupuk Tanaman Padi

Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Pragaan Bantu Petani Beri Pupuk Tanaman Padi


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Kebersamaan Babinsa dalam membantu petani juga merupakan wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Hal ini terlihat Anggota Koramil 0827/09 Pragaan Sertu Masturi mendampingi petani bapak Ismail melaksanakan pemupukan tanaman padi di Dusun Maronggi Laok, Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Rabu (4/1/2023).

Keikutsertaan dalam mendampingi petani merupakan upaya khusus yang dilakukan Aparat Teritorial guna mensukseskan program ketahanan pangan yang akan terus dilakukan di wilayah.

Sertu Masturi mengatakan bahwa tujuan dari pemupukan ini adalah untuk memberikan kesuburan tanaman padi dan juga sebagai langkah proaktif dalam mengantisipasi serangan hama pada tanaman padi.

“Pemupukan padi ini wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik sampai tiba masa panen, jika tidak diberi pupuk dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman lebih pendek dari ukuran normalnya kemudian daunnya menjadi kuning,” ujarnya.

Baca Juga :   TNI Sahabat Pelajar, Ingatkan Dampak Buruk Game Online di SDN Galis

Selain itu, ia juga melakukan pencabutan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman padi.

“Pencabutan rumput pun kami lakukan, supaya nutrisi dari pupuk itu fokus untuk padi, dengan harapan dapat tumbuh subur dan hasilnya pun akan maksimal,” pungkasnya.

Menurutnya, kegiatan ini sengaja Ia lakukan, agar petani merasa termotivasi untuk terus meningkatkan produktivitas tanaman padi, dengan memperhatikan dan merawat tanaman padinya.

“Peran kami ini, guna berikan motivasi bagi petani, supaya terus tingkatkan produktivitas tanaman padinya,” tutup Sertu Masturi.

(Pendim0827)