banner 728x90

Stok Darah Menipis, PMI Gelar Aksi Donor Darah di Kodim Sumenep

Stok Darah Menipis, PMI Gelar Aksi Donor Darah di Kodim Sumenep


SUMENEP, (Transmadura com)  – Kebutuhan transfusi darah terus meningkat, sehingga tidak jarang kondisi stok lumbung darah di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumenep menipis.

Untuk mendapatkan pasokan stok darah secara rutin, PMI pun kerap menggelar aksi donor darah di berbagai lingkungan.

Kali ini proses penyadapan darah tersebut dilaksanakan di lingkungan kerja Kodim 0827/Sumenep perdana di bulan Ramadan 1444 H pada senin (10/5/2023) malam pukul 20.00 WIB di aula Makodim.

Kegiatan donor darah kali ini diikuti oleh kurang lebih 54 orang TNI dan PNS Kodim 0827/Sumenep.

Ka Unit PMI Kabupaten Sumenep Suci Hernawati M. Kes menerangkan bahwa kegiatan donor darah tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah di PMI di bulan Ramadan.

Baca Juga :   Komisi I DPRD Sumenep Warning OPD

Pihaknya berujar bahwa kebutuhan darah terutama saat ini di bulan Ramadan cukup banyak sama seperti bulan-bulan biasanya berkisar kebutuhannya kurang lebih 700 kantong per bulan.

“Nah di bulan Ramadan ini banyak pendonor yang menunda dalam artian tidak melaksanakan donor di siang hari, jadi pendonor yang datang ke kami menurun, jadi kami yang harus aktif,” ujar Hernawati.

Sementara salah satu anggota Makodim Serma Achmad Sanusi mengatakan kegiatan donor darah tersebut dalam rangka peduli Kodim terhadap ketersediaan darah di PMI Kabupaten Sumenep.

“Tentu ini bentuk kepedulian kami untuk membantu menyuplai kebutuhan darah di PMI, selain bisa menyehatkan badan kita juga bisa membantu sesama yang membutuhkan darah,” ungkapnya.

Baca Juga :   Babinsa Harap Panen Padi di Raas Bisa Menguntungkan Petani

(Pendim0827)