banner 728x90

Pjs. Pasiter Kodim Sumenep Dukung Gerakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

Pjs. Pasiter Kodim Sumenep Dukung Gerakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Dandim 0827/Sumenep yang diwakili Pjs. Pasiter Lettu Chb Achmad Suyanto menghadiri kegiatan panen padi yang di gelar Pemkab Sumenep.

Kabupaten Sumenep sendiri menjadi salah satu dari 17 kabupaten/kota di Jawa Timur yang melaksanakan panen padi nusantara 1 juta hektar berlangsung di Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep. Sabtu (11/3/2023).

Lettu Chb Achmad Suyanto saat di konfirmasi mengatakan bahwa panen padi tersebut sebagai upaya mendukung gerakan nasional Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektar yang saat ini digelar di Desa Batuan.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena Sumenep menjadi salah satunya menggelar panen padi satu juta hektar,” ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kelompok tani di Sumenep dengan menjadi salah satu lokasi gerakan nasional panen raya padi tersebut dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

Baca Juga :   Usai Kontes Politik, Abd. Rahman Pastikan Lolos Sebagai DPRD Sumenep Dapil 3

“Terima kasih saya ucapkan, peran Kades, gapoktan, dan petani lainnya perlu di apresiasi karena berkontribusi memberikan kebutuhan pangan pada masyarakat Sumenep dan Indonesia umumnya, sehingga diharapkan di wilayah Sumenep tidak terjadi krisis pangan,” Imbuh Lettu Chb Achmad Suyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H,M.H. berkesempatan melakukan panen dengan menggunakan mesin combine yang lebih efisien, cepat, dan mudah.

Menurut orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini, kegiatan panen padi nusantara 1 juta hektar kali ini merupakan program strategis ketahanan pangan nasional.

Pihaknya mengatakan luas lahan tanam pada periode Januari – April di Sumenep mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun sebelumnya di periode yang sama.

Baca Juga :   TNI Bantu Rehab Rumah Milik Petani di Pragaan

“Luas lahan tanam di Kabupaten Sumenep meningkat sekitar 973 hektar. Naik 3,21 persen dibanding tahun lalu,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan panen padi nusantara 1 juta hektar di Desa Gunggung, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH,MH, Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, Pjs. Pasiter Kodim 0827/Sumenep Lettu Chb Achmad Suyanto, Kepala BPS, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Camat Batuan, Kades dan Perangkat Desa Gunggung, Danposramil Batuan, Danpolsek Batuan dan PPL Batuan.

(Pendim0827)