banner 728x90
Tak Berkategori  

Murenbangdes di Kecamatan Manding Mulai Berjalan, Camat: Perangkat Desa Lama Diminta Tetap Masuk


SUMENEP, (TransMadura.com) – Musyawarah tahunan para masyarakat, pemerintah desa (Musrenbangdes) 2020 di Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sudah mulai dilakukan sejak tanggal (13/1/2020).

Musyawarah tahunan itu, mulai dilakukan sebagai persyaratan menampung serap aspirasi untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran 2020. yang direncanakan dengan berpedoman kepada RPJM Desa.

“RKP Desa mulai disusun di beberapa pemerintah Desa di Kecamatan Manding, untuk perencanaan pembangunan di desa itu sendiri,” kata Camat Manding, Nasa Bandy, usai mengahdiri penyerahan simbolis penanaman pohon ruas jalan nasional di Balai Desa Manding Laok, Jum’at, (17/1/2020).

Mantan Camat Talango ini, menyampaikan empat desa yang sudah menggelar musrenbangdes, sesuai jadwal, yakni, tanggal 13 Desa Manding Timur, Desa Manding Laok dan Desa Gunung Kembar.

Baca Juga :   Jual Produk Minuman Kadaluarsa, Swalayan Yakini Dikeluhkan Konsumen

“Ini sudah empat desa melakukan musyawarah tahunan untuk membuat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) dalam Munrenbangdes,” ungkapnya.

Selain itu, Nasa Bandy, menginbau dengan pasca pelantikan Kepala Desa Baru, perangkat desa yang hanya wacana untuk pergantian, agar tetap masuk.

“Selama belum ada pemberitaan pergantian perangkat desa. perangkat supaya tetap masuk,” ucapnya.

Sebab, Lanjutnya, pergantian perangkat desa tidak semudah yang dibicarakan, setiap pergantian kepala desa, perangkat tidak seenaknya dapat diganti. “Itu harus melalui penjaringan dulu, sedangkan di Kecamatan manding belum ada, hanya koordinasi, tapi sampai saat ini belum ada perombakan perangkat desa,” tutupnya.

(Asm/Red)