Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

NUSANTARA, (Transmadura.com) – Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Daun kelor atau moringa oleifera, merupakan tanaman di daerah tropis yang biasa digunakan untuk pengobatan. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ini sangat banyak, sehingga sering dipakai untuk berbagai keperluan. Di Indonesia, menemui tanaman ini tidaklah sulit, biasanya ditanam di pekarangan rumah.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam daun kelor seperti protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan asam folat. Dari kandungan inilah yang mengantarkan daun kelor menjadi rujukan pengobatan herbal dengan segudang manfaat.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan
Bagi anda yang mengalami masalah kesehatan, mungkin bisa juga memanfaatkan daun kelor ini sebagai salah satu alternatif pengobatan. Ada beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang penting diketahui. Berikut penjelasannya.

1. Mencegah Diabetes
Penyakit ini mungkin menjadi momok menakutkan, sebab jika sudah menyerang akan sulit sekali untuk disembuhkan. Penyebab dari penyakit diabetes yakni karena kadar gula di dalam darah terlampu tinggi.

Untuk mencegah penyakit ini, perlu memastikan bahwa kadang gula tetap stabil atau normal. Daun kelor memiliki kemampuan menjaga kadar gula tetap rendah, sebab daun ini bisa meningkatkan kinerja dari hormon insulin. Hormon ini berperan dalam menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes.

Manfaat Daun Kelor untuk Melawan Diabetes, Anemia, hingga Diare
2. Mencegah Hipertensi
Selain bisa mengkontrol gula di dalam darah, manfaat daun kelor selanjutnya yakni bisa menjaga agar tekanan darah di dalam tubuh tetap normal. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal dengan nama hipertensi. Kandungan kalium dan antioksidan di dalam daun ini yang berperan aktif untuk menjaga tensi darah di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi dari otak

Otak merupakan organ vital yang dimiliki manusia. Jika fungsi dari otak terganggu maka fungsi dari organ lainnya jyga bisa ikut terganggu. Untuk menjaga agar kesehatan dan fungsi otak tetap terjaga, Anda bisa memanfaatkan daun kelor.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa menurunkan risiko gangguan pada otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Daun kelor juga dipercaya bisa meningkatkan memori pada otak sehingga ingatan akan lebih tajam.

4. Mencegah Kanker
Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya yakni bisa mencegah perumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Daun kelor memiliki antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, kelor juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker pangkreas.

5. Obat Peradangan
Daun kelor bisa digunakan untuk mengatasi peradangan karena memiliki kandungan yang dipercaya bisa mengurangai rasa sakit akibat peradangan seperti infeksi atau cidera. Biasanya daun kelor di ekstrak terlebih dahulu, sebelum akhirnya digunakan untuk mengobati peradangan.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Manfaat daun kelor berikutnya yakni bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Daun kelor memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal tersebut membuat daun kelor penting untuk meningkatkan imun tubuh.

Daun kelor ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat daun kelor untuk mata ini dikarenakan terdapat beberapa kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan organ penglihatan. Kandungan tersebut seperti senyawa fenolik, flavonoid, betakaroten, zeaxanthin, dan lutein.

Baca Juga :   Mahasiswa Pertanyakan Kinerja DPRD Sumenep

8. Mengatasi Asam Lambung
Manfaat daun kelor untuk lambung karena di dalam di dalam daun ini memiliki beberapa senyawa baik seperti tanin dan flavonoid yang bisa meredakan peradangan, iritasi, dan mengatasi gejala maag. Kemampuan mengatasi peradangan inilah yang menjadikan daun kelor sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi asam lambung.

9. Mengurangi Kolesterol Jahat
Kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit jantung, untuk itu perlu adanya penanganan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Daun kelor merupakan salah satu bahan alami yang bsia mengatasi masalah tersebut karena memiliki berbagai senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah
Daun kelor selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk perawatan wajah. Penasaran apa saja menfaat daun kelor untuk wajah? Berikut ini penjelasannya.

1. Menunda Penuaan Dini
Daun kelor ternyata bisa digunakan untuk menunda penuaan dini dengan cara menghilangkan kerutan, noda hitan, dan garis halus yang bisanya muncul sebagai tanda penuaan dini. Manfaat daun kelor ini dikarenakan tanaman yang satu ini mampu melawan radikan bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

2. Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit
Masalah pada wajah selanjutnya yang biasa muncul yaitu warna kulit yang tidak rata dan kusam. Daun kelor ternyata memiliki manfaat untuk mencerahkan warna kulit dan juga memperbaiki warna kulit wajah agar rata dan sama. Anda bisa menggunakan daun kelor sebagai masker secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6 Cara Memutihkan Wajah Alami, Cepat, dan Permanen
3. Mengangkat Komedo
Manfaat daun kelor berikutnya yaitu bisa untuk menghilangkan komedo yang sering muncul di beberapa bagian wajah. Komedo ini jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan jerawat yang memberikan rasa sakit. Maka dari itu, jika merasa memiliki komedo membandel segera lakukan perawatan, salah satunya dengan menggunakan daun kelor.

Daun ini bisa menghambat produksi minyak yang menyebabkan komedo. Dengan melakukan perawatan secara rutin, Anda akan mendapatkan kulit mulus dan bersih tanpa komedo.

4. Menghilangkan Jerawat
Selain komedo, jerawat juga menjadi masalah wajah yang sering muncul. Jerawat bahkan bisa menyebabkan rasa nyeri hingga perih karena adanya iritasi dan peradangan. Manfaat daun kelor ternyata bisa juga untuk menyembuhkan jerawat. Daun kelor memiliki sifat anti mikroba yang bsia membunuh bakteri penyebab jerawat. Kelor juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih yang menjadi pemicu lain munculnya jerawat.

5. Mengecilkan Pori
Untuk mendapatkan kulit mulus dan halus, salah satu syaratnya yaitu wajah harus memiliki pori-pori yang mengecil. Jika pori-pori pada wajah berukuran besar, maka ada indikasi bahwa wajah terlalu banyak ditempeli debu dan partikel mikro lainnya. Apabila dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan tumbuh menjadi jerawat.

Agar pori-pori mengecil, anda ternyata bisa menggunakan daun kelor karena bahan alami ini memiliki kandungan minyak yang bisa membersihkan wajah hingga ke pori-pori dan menghilangkan kotoran yang menyumbah pori-pori wajah.

6. Menjadi Masker Bibir Alami
Bukan hanya kulit saja yang butuh perawatan, namun bibir juga. Salah satu perawatan yang biasanya dilakukan yakni perawatan untuk mengatasi bibir kering. Kondisi bibi yang kering bisa membuat kurang nyaman, bahkan bibir kering jika tidak segera diobati bisa mengelubah dan mengakibatkan infeksi. Anda bisa menggunakan masker alami dari daun kelor. Bahan alami ini mengndung asam oleat yang baik untuk melembabkan bibir dan membuat bibir menjadi sehat dan cantik.

Baca Juga :   Masyarakat Bayar PBB-P2 Tepat Waktu, BPPKAD Sumenep: Jangan Terprovokasi Isu Pajak Gratis

Manfaat Daun Kelor untuk Wanita
Bagi perempuan konsumsi daun kelor mungkin bukanlah hal yang baru. Daun kelor ini dipercaya baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Namun ternyata manfaat daun kelor untuk wanita sangatlah banyak. Manfaat tersebut antara lain;

1. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil
Anemia menjadi penyakit yang berisiko untuk ibu hamil. Pasalnya kadar darah di dalam tubuh ibu hamil sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dirinya dan anak yang dikandungnya. Selain itu, anemia juga membahayakan saat proses melahirkan. Untuk mengatasi bahaya anemia pada ibu hamil, konsumsi daun kelor bisa menjadi salah satu solusinya. Daun kelor memiliki kemampuan untuk meningkatkan hemoglobin sehingga risiko penyakit anemia bisa dicegah.

2. Mencegah Risiko Komplikasi pada Ibu Hamil

Komplikasi saat masa kehamilan bisa saja terjadi oleh siapa saja. Untuk mecegah hal tersebut, maka ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dan vitamin. Daun kelor bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang sehat untuk ibu hamil. sebab daun ini memiliki banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan saat masa kehamilan.

3. Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu
Air susu ibu atau ASI sangat dibutuhkan sebab setelah bayi lahir, konsumsi makanan utama berasal dari ASI. Sayangnya tidak semua wanita bisa langsung memproduksi ASI setelah melahirkan, terkadang butuh pemacu terlebih dahulu agar ASI bisa keluar.

Daun kelor ini memiliki efek galactogogue sama seperti daun katuk. Efek inilah yang bisa membuat produksi air susu ibu meningkat. Dengan jumlah ASI yang melimpah, maka kebutuhan nutrisi bayi bisa terpenuhi.

4. Meningkatkan Antioksidan setelah Menopause
Kadar antioksidan pada perempuan ternyata bisa berkurang karena produksi hormon estrogen yang berkurang. Untuk meningkatkan antioksidan tersebut, disarankan mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk bubur. Daun kelor ini dipercaya bisa meningkatkan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Agar manfaat daun kelor tetap terjaga, maka anda harus mengetahui cara untuk mengolahnya. Ada beberapa cara untuk mengolah daun kelor yang benar, seperti berikut ini:

1. Direbus
Cara ini merupakan cara yang paling umum dilakukan. Namun dengan cara ini seluruh bagian daun kelor bisa dimanfaatkan. Air rebusan bisa minum dan daun yang telah direbus bisa digunakan sebagai lalap.

2. Disayur
Sayur daun kelor juga ternyata tidak hanya lezat namun juga kaya manfaat. Daun kelor bisa dibuat sayur bening dengan tambahan jagng manis dan beberapa bumbu yang akan membuat rasanya semakin kaya.

3. Diolah Menjadi Teh
Untuk mengolah daun kelor dengan cara seperti ini. Anda harus memastikan daun kelor dalam keadaan kering. Setelah itu, masukkan daun kelor ke cangkir dan seduh seperti anda membuat teh. Bisa juga ditambahkan gula atau madu untuk menambah cita rasa.

Penulis: Siti Nur Aeni