banner 728x90

Ketua DPRD Sumenep: Momentum HUT RI ke-77 Jadikan Refleksi Bersejarah Bangsa

Ketua DPRD Sumenep: Momentum HUT RI ke-77 Jadikan Refleksi Bersejarah Bangsa


SUMENEP, (Transmadura com) – DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sidang paripurna Istimewa, Selasa (16/8/2022). Sidang ini dilaksanakan dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke 77.

Pasalnya, momentum HUT kemerdekaan dijadikan upaya mengingat sejarah bangsa Indonesia dalam upaya perlawanan terhadap penjajah.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Sumenep H. Abdul Hamid Ali Munir, momentum ini jadikan “Spirit perjuangan untuk dipahami dengan baik oleh lapisan anak bangsa.

Politisi PKB ini menegaskan, perayaan hari lahir bangsa Indonesia ini hendaknya tidak hanya sekadar seremonial belaka. Melainkan, sebagai refleksi untuk lebih, utamanya dalam bernegara. “Momentum bersejarah jadikan refleksi untuk melahirkan masyarakat adil dan makmur,” katanya

Baca Juga :   Fogging, Upaya Kodim 0827/Sumenep Cegah DBD

Menurut politisi PKB ini, ke depan dalam pengetrapan demokrasi juga harus lebih matang. Yakni, demokrasi harus seiring dan sejalan dengan prinsip-prinsip dasar konstitualisme. “Demokrasi harus semakin egaliter, yaitu demokrasi yang makin meneguhkan pelaksanaan prinsip checks and balances dalam praktek kehidupan politik kita,” ucapnya.

Hamid menuturkan, demokrasi juga harus berlandaskan penghormatan dan pelaksanaan penegakan hukum adil dan bermartabat. Yakni, menjamin dan melindungi hak asasi manusia, dan tetap menjamin terjaganya stabilitas dan ketertiban.

“Dengan demikian, insya Allah, demokrasi yang kita terapkan selalu sejalan dan satu nafas dengan tuntutan dan kemajuan peradaban bangsa kita,” paparnya

Sementara dalam Sidang paripurna ini dipimpin Ketua DPRD H. Abdul Hamid Ali Munir. Hadir juga Faisal Muhlis, Wakil Ketua. Tidak hanya itu, bupati Achmad Fauzi dan Wakil Nyai Hj Dewi Khalifah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tampak menghadiri kegiatan ini.

Baca Juga :   Tanam Padi Bersama di Patean Guna Tingkatkan Produksi

Selain itu Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Asisten Setkab, para Kepala Bagian (Kabag), Sejumlah camat di lingkungan Pemkab Sumenep juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini berlangsung dengan penuh lancar dan khidmat.

(Duk/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *