banner 728x90

Keseruan Lomba Balap SpeedBoat di Kepulauan Sapeken, Momen Meriahkan HUT ke-77 RI

Keseruan Lomba Balap SpeedBoat di Kepulauan Sapeken, Momen Meriahkan HUT ke-77 RI


SUMENEP, (Transmadura.com) – Cara berbeda dilakukan warga kepulauan Sumenep untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Peringatan HUT ke 77 RI tahun 2022 ini warga Kepulauan di wilayah Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep menggelar lomba balapan. Lintasannya bukan aspal, melainkan lautan. Sebab di kecamatan ini rata-rata masyarakatnya beraktivitas di laut. Selasa (23/8/2022).

Tunggangan yang dibalapkan warga kepulauan Sapeken yakni speedboat. Tak main-main. Ratusan pasang mata tertuju pada para rider di atas perahu bermesin tempel 40 pk.

Ada sekitar 13 speedboat di perairan dekat dermaga pelabuhan Sapeken. Adapun rute start dan finish dari Dermaga Baru Desa Sapeken dengan rute memutari antara pulau Firopok dengan pulau bangkau sebanyak 10 kali putaran kembali lagi ke Pulau Sapeken.

Baca Juga :   Jaga Kualitas Hasil Panen Raya, TNI Bantu Jemur Padi

Aturannya, para rider didampingi satu orang di bagian belakang. Tidak diperkenankan melaju di luar lintasan yang ditentukan.

Jika keluar jalur, harus kembali ke titik lintasan yang dilanggar. Untuk keselamatan, rider dan pendampingnya harus menggunakan jaket pelampung serta beberapa ketentuan lain selama perlombaan berlangsung.

Balapan berlangsung seru. Secara bergantian para pembalap melesat untuk menjadi yang tercepat. Ada yang keluar lintasan, menyerah, hingga hanya tersisa beberapa pembalap yang bertahan sampai di garis finish.

Pada kesempatan itu, Babinsa Koramil 0827/19 Sapeken Sertu Nasrudin Daeng yang terlihat melaksanakan pengamanan, mengaku senang dan seru melihat pertandingan balap SpeedBoat.

”Balapan ini jadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Sapeken. Karena sudah dua tahun gelaran balapan ini di tunda karena pandemi covid-19. moment ini juga untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke 77,” ujarnya usai melaksanakan pengamanan perlombaan.

Baca Juga :   Silaturahmi di Lebaran Idul Fitri, Momen Merekatkan Persaudaraan Babinsa dengan Warga Binaan

(Pendim0827)