banner 728x90

Kembangkan Tatalaksana, RSUDMA Sumenep Tambah Fasilitas Pasien TB-SO

Kembangkan Tatalaksana, RSUDMA Sumenep Tambah Fasilitas Pasien TB-SO


SUMENEP, (Transmadura.com) – Upaya memaksimalkan pelayanan pada masyarakat dengan cara menambah fasilitas. Salah satunya dalam waktu dekat rumah sakit plat merah itu akan menambah fasilitas untuk pasien Tuberkulosis Sensitif Obat (TB- SO).

Kami kembangkan kesana nanti, sehingga bisa melakukan tatalaksana TB SO,” kata Arman Endika Putra, Kasi Humas RSUD Dr H.Moh. Anwar Sumenep, pada media ini.

Saat ini kata dia, sesuai Standar Prosedur Operasional (SPO) tempat pengobatan antara pasien TB RO dengan pasien TB SO dilakukan ditempat yang berbeda.

“Untuk spice (tempat pengobatan) TB SO masih belum ada yang ada untuk spice TB RO, makanya kami kembangkan kesana nanti. Itu demi memaksimalkan pelayanan pada masyarakat,” jelas dia.

Baca Juga :   Bupati Sumenep Dinilai Berhasil Dongkrak Ekonomi UKM

Bahkan lanjut dia, RSUDMA Sumenep menjadi satu-satunya rumah sakit daerah yang memiliki fasilitas dan bisa menatalaksanakan pasien TB RO di Madura.

“Di Jawa Timur baru 18 rumah sakit, InsyaAllah Sumenep (RSUDMA) termasuk yang 18 ini,” ungkap dia.

Baca : RSUDMA Jadi Rumah Sakit Pertama Terima Pasien TB-RO di Madura

Menurut Arman, RSUDMA masih memilih dua spice untuk perawatan pasien TB RO. Lokasinya berada di ruangan terbuka dan tempatnya didesain seperti gazebo. Tempat tersebut dipakai saat pasien TB RO ingin mengkonsumi obat dan edukasi oleh perawat yang menangani. Apabila, telah selesai, bagi pasein yang menjalani rawat inap dikembalikan ke ruang inap yang disediakan.

Baca Juga :   FMPS Akan Demo, Soal PKH Tidak Tepat Sasaran di Sumenep

Meski hanya dua spice, tempat tersebut dinilai cukup untuk menatalaksanakan pengobatan pasien TB RO. “Kenapa didesain terbuka?, karena pasien TB RO ini harus mendapat sinar matahari langsung, dan tidak bisa diobati didalam ruanganKembangkan Tatalaksana, RSUDMA Sumenep Tambah Fasilitas Pasien TB-SO ber AC, jika ada didalam ruangan tidak kuat,” jelasnya.” jelasnya

(*)