banner 728x90

Jelang Idhul Fitri Harga Beras di Sumenep Melambung Tinggi, Pemkab Pendataan Timpang

Jelang Idhul Fitri Harga Beras di Sumenep Melambung Tinggi, Pendataan Pemkab Timpang


SUMENEP, (Transmadura.com) – Menjelang Hari Raya Idhul Fitri di bulan Ramadhan tahun 2023 di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur Harga beras di pasaran melambung tinggi.

Hingga kini, beras medium mencapai harga Rp 10 ribu per Kg dan beras medium plus premium dipastikan harga diatasnya.

Hal itu disampaikan salah satu para pembeli di pasar R Warga Kecamatan Manding, bahwa harga beras di pasaran mencapai Rp 10 ribu per kilo gram (Kg).

“Itu harga dibawah yang bagus (medium) bukan yang bagus (Premium),” katanya.

Harga beras itu, kata perempuan asli Sumenep ini, sudah beberapa bulan cukup tinggi, dan dipastikan akan lama sebab, hasil produksi tahun ini menurun.

Baca Juga :   DPRD Sumenep Warning Pemkab Serius Pendampingan UMKM

“Saya kira kalau harga beras dipasaran dalam beberapa bulan ini akan tetap mahal, karena produksi tahun ini menurun, apalagi cuaca mendung berpengaruh kepada pengeringan gabah,” ungkapnya

Sementara harga bahan pokok strategis beras di pasaran sesuai data di kabupaten Sumenep Per April 2023 ada ketimpangan harga, yakni harga beras Begawan/Premium Rp 12.500 dan harga beras medium lokal Rp 9.500.

Apakah data hasil monitoring pemerintah, yakni Diskoperindag (Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan ) kabupaten Sumenep , hasil data tersebut menjadi rancu dengan harga yang sebenarnya di pasaran. apakah hasil pendataan diatas meja, atau yang mereka ambil harga petani?.

Sementara sampai saat ini Kepala Diskoperindag Kabupaten Sumenep belum merespon saat mau dikonfirmasi terkait dengan dimaksud. melalui sambungan telepon selulernya tidak diangkat.

Baca Juga :   Kodim 0827/Sumenep Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran

(Red)