Tak Berkategori  

Babinsa Kolor Pantau Langsung Percepatan Vaksinasi Tahap l Dan ll

SUMENEP, (TransMadura.com) – Bintara Pembina Desa Babinsa Koramil 0827/01 Kota Serka Sugeng Siswanto melaksanakan Pemantauan dan pendataan vaksinasi terhadap warga desa KKolo, baik tahap l maupun tahap ll yang bertempat di Desa Kolor Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Rabu(03/11/2021)

Selama Kegiatan berlangsung Babinsa Serka Sugeng Siswanto melaksanakan pemantauan serta memberi edukasi terkait Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran virus Covid -19 dalam rangka PPKM level 3, diantaranya pakai masker dan tidak berkerumun saat pelaksanaan vaksinasi.

“Selain memantau kegiatan, saya juga menghimbau dan memberikan edukasi kepada warga. Vaksinasi ini sendiri berjalan dalam pemantauan tim profesional. Antara lain, Nakes dari Puskesmas Pandian dan bidan Desa ibu Hely A. Md Keb, tentunya menggunakan Prokes yang ketat. Peserta Vaksinasi wajib pakai masker cek suhu tubuh, mencuci tangan dan disediakan tempat berjarak,” terangnya.

Sementara itu bidan desa Ibu Hely A. Md Keb menjelaskan bahwa, Vaksinasi COVID-19 yang saat ini tengah berjalan di desa Kolor menggunakan vaksin produksi Sinovac yang bekerja sama dengan PT Bio Farma, disuntikkan dosis satu bagi yang baru divaksin dan dosis dua warga yang sudah suntik dosis satu agar efektif.

“Untuk pemberian vaksinasi sendiri harus sesuai dengan yang direkomendasikan untuk setiap jenis vaksin COVID-19. Berdasarkan juknis, vaksin Sinovac diberikan dua kali, dalam rentan jarak waktu penyuntikan 14 hari dan dosis sekali suntik sebesar 0,5 ml,” pungkasnya

Lebih lanjut ia mengatakan,”vaksin dosis pertama berfungsi untuk mengenal vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh serta untuk memicu respons kekebalan awal dan pada tahapan dosis kedua, kandungan vaksin akan berguna untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya,” imbuh bidan Hely

Kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas antara TNI-Polri dan instansi terkait dalam rangka mengatasi pandemi virus covid 19 secara bersama sama dalam rangka menekan angka Penyebaran virus Covid 19, khususnya wilayah Kabupaten Sumenep.

(Pendim0827 Sumenep)