banner 728x90

Babinsa Bantu Pemupukan Pertama Pasca Tanam Padi di Pakamban Laok

Babinsa Bantu Pemupukan Pertama Pasca Tanam Padi di Pakamban Laok


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Babinsa Koramil 0827/09 Pragaan Serda Rudi Misyanto bersama petani memupuk tanaman padi  berumur satu minggu di Desa Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Rabu (29/11/2023).

Pemupukan dengan pupuk tabur campuran urea dan phonska tersebut merupakan pemupukan pertama pasca tanam guna merangsang pertumbuhan dan kesuburan tanaman.

Keikutsertaan Babinsa sendiri merupakan upaya untuk mensukseskan ketahanan pangan di musim penghujan pertama yang dilakukan di wilayah Kabupaten Sumenep.

Selain itu, kebersamaan Babinsa dalam membantu petani merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Serda Rudi Misyanto mengatakan tanaman padi muda yang baru cocok tanam hampir seminggu lalu diharapkan bisa panen raya dalam tiga bulan ke depan, dengan harapan air irigasi cukup, pupuk dan obat-obatan sarana produksi cukup, juga aman dari berbagai serangan hama.

Baca Juga :   TNI-Polri di Sumenep Karya Bhakti Bersihkan Masjid Pantai dan Pelabuhan Talango

“Kita harapkan musim tanam padi awal tahun ini bagus hasilnya,” katanya.

Menurutnya, untuk memaksimalkan capaian produksi gabah saat panen nanti, diperlukan perawatan tanaman yang tepat dan benar, terlebih saat tanaman padi diserang hama atau penyakit.

“Termasuk pemupukan awal saat ini harus dilakukan untuk kesuburan tanaman padi dan tentunya jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat”, terang Serda Rudi.

Sehingga lanjut Serda Rudi “diharapkan dengan adanya kenaikan produktifitas hasil panen maka dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah dan program swasembada pangan akan tercapai,” pungkasnya.