Home / NUSANTARA / Kodim 0827/Sumenep Gelar Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TW II TA 2021

Kodim 0827/Sumenep Gelar Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TW II TA 2021

SUMENEP, (TransMadura.com) – Bertempat di Makodim 0827/Sumenep, Jl. Ksatrian No. 1, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Kodim 0827/Sumenep melaksanakan kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TW II TA. 2021. Minggu (6/6/2021).

Mewakili Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md, Pasiter Kodim 0827/Sumenep Kapten Inf Galang Prayitno membuka kegiatan tersebut yang melibatkan anggota Pramuka Saka Wira Kartika sejumlah 75 siswa tingkat Pandega, kemudian pembina/pemberi materi 6 orang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari terhitung mulai Sabtu 5 Juni hingga Minggu 6 Juni 2021 yaitu dalam rangka memberikan pembekalan terhadap para pemuda bangsa dalam hal ini anggota Pramuka Saka Wira Kartika atau pembinaan kepada kaum muda putra-putri generasi bangsa.

Dengan mengambil tema ‘Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan’, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Choli, A. Md yang di wakili Pasiter Kapten Inf Galang Prayitno dalam sambutannya menyampaikan bahwa gerakan Pramuka telah menjadi salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan nasional yang dapat menarik seluruh elemen masyarakat untuk merapatkan barisan dalam menuju cita-cita bangsa yang mulia.

Dijelaskannya, semua peserta adalah calon pemimpin bangsa oleh karena itu perlu mendapatkan pembekalan pembinaan yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masa depan masing-masing.

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk melatih kembali dasar-dasar dari kepramukaan antara lain mungkin kedisiplinan baris-berbaris yang memang harus selalu dilatih dan dibina supaya membentuk karakter jiwa kita,” jelas Pasiter Kapten Inf Galang Prayitno.

Pasiter juga menambahkan bahwa Pramuka merupakan salah satu wadah untuk membentuk kepribadian generasi muda yang cerdas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, memiliki kepemimpinan yang handal, cinta lingkungan serta disiplin tinggi dan patuh terhadap hukum.

Untuk itu, melalui kegiatan perkemahan ini, para peserta anggota Pramuka Wira Saka Kartika akan mendapat pembekalan ilmu pengetahuan bela negara, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan wawasan kebangsaan serta keterampilan dasar navigasi darat, pionir, mountenering, survival dan penanggulangan bencana alam serta kegiatan lainnya yang dapat memotivasi adik-adik untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas baik secara perorangan maupun kelompok.

“Jadilah remaja yang aktif, kreatif, inovatif, energik dan hindari bahaya Narkoba sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang patut dibanggakan dimasa yang akan datang,” terangnya

Selain itu, Pasiter juga mengingatkan kepada para peserta anggota Pramuka dalam kondisi pandemi Covid-19 ini tidak terlena, tetap menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, minum vitamin serta selalu mematuhi protokol kesehatan 5 M, yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

(Pendim 0827)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Takut Suami, Wanita di Sumenep Pura – Pura Dirampok Hingga “Pingsan”, Warga Resah

SUMENEP, (TransMadura.com) – Warga Desa Pamolokan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, dibuat panik ...