Home / POLITIK / Tahun Pertama, Wabup Sumenep Canangkan Peningkatan UMKM

Tahun Pertama, Wabup Sumenep Canangkan Peningkatan UMKM

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi-Nyai Hj Dewi Khalifah tahun pertama mempunyai program prioritas utama. Program yang akan dicanangkan, yakni meningkatkan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Tahun pertama peningkatan usaha mekro, apakah itu kuliner atau camilan yang ada di Sumenep,” kata Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj Dewi Khalifah.

Saat ini, jelas Nyai Eva ini, akan melakukan meeting data untuk UMKM. Sehingga setelahnya akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait. “Utamanya dinas perdagangan dan Dinas Koperasi,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Eva, bagaimana mereka melakukan pendampingan pelatihan dan perizinan agar legalitas usaha yang masih belum bisa punya legalitas.

“Bagaimana pelaku usaha mekro bisa punya legalitas agar bisa bersaing dengan produk yang ada diluar kota,” ungkapnya.

Sehingga, produk itu bisa dipasarkan menjadi produk unggulan ditingkat lokal maupun nasional.

“Pastinya mereka butuh modal dan nantinya akan mencoba mensinergikan dengan pihak Bank di Sumenep,” ucapnya.

Namun, kata Wanita kalem ini, tidak hanya cukup permodalan saja, melainkan pendampingan pemasaran dengan menggandeng beberapa pihak seperti asosiasi ikatan utamanya media yang menjadi corong.

“Melalui bisnis to bisnis yang bisa dilakukan baik skala antara kabupaten dengan kabupaten atau skala antar provinsi dan antar kedutaan,” ujarnya.

Menurut Nyai Eva, dalam satu tahun kedepan salah satu produk diharapkan bisa menjadi komoditi go internasional melalui pendampingan pemerintah Sumenep.

Selain itu juga, kata Wabup, mendorong pelaku UMKM Sumenep dengan berbasis digital marketing nantinya akan menggandeng Kominfo.

“Kita mencoba berkolaborasi dengan kominfo untuk bisa melakukan kegiatan pengkayaan SDM untuk UMKM kita dan bisa melakukan transaksi online dengan cara digital marketing,” tutupnya.

(*)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Disinyalir DD Tak Sesuai Spesifikasi, Warga Desa Banbaru Minta Draf APBdes

SUMENEP, (TransMadura.com) – Warga Banbaru, pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting, Sumenep, Madura, Jawa ...