Home / SUMENEP / Babinsa Kota Sumenep Komsos Mendata Wilayah Binaanya

Babinsa Kota Sumenep Komsos Mendata Wilayah Binaanya

SUMENEP, (TransMadura.com) – Guna mengetahui perkembangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0827/01 Kota, Sertu Nurul Huda melaksanakan Komsos sekaligus Puldata Ter serta memperbaharui data Geo, Demo, Konsos di Desa Ginggung, Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Kamis, (26/11/2020).

Tugas pokok seorang Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) adalah melaksanakan kegiatan kewilayahan guna mewujudkan ketahanan wilayah serta kemanunggalan TNI-Rakyat.

Untuk mewujudkan itu, salah satu upayanya dengan mendata kembali wilayah binaannya meliputi geografi, demografi maupun kondisi sosial secara berkala agar mengetahui perkembangan wilayah binaan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0827/01 Kota Sertu Nurul Huda selalu memperbarui datanya dengan mendatangi kantor Balai Desa Gunggung serta koordinasi dengan aparat atau perangkat desa tentang perkembangan situasi dan kondisi wilayah, mengingat banyak kejadian di berbagai daerah.

Babinsa Sertu Nurul Huda selalu mengingatkan kepada perangkat desa agar selalu waspada dan mendata tamu yang menginap maupun selalu laksanakan ronda.

“Komsos serta Puldata Ter yang saya lakukan ini, merupakan tugas dan tanggung jawab saya selaku Babinsa, guna mengetahui kondisi dan perkembangan wilayah binaan melalui data Geo, Demo, Konsos. Dengan aktif melaksanakan Komsos di wilayah binaan akan meningkatkan silaturahmi dan kerjasama dengan aparat desa maupun masyarakat,” ucap Sertu Nurul Huda.

Di tempat terpisah, Danramil 0827/01 Kota Kapten Inf Sarkun memerintahkan semua Babinsa agar selalu aktif ke desa binaannya.

“Para Babinsa jangan pernah jemu memantau wilayah binaannya, itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Monitor setiap perkembangan dan segera laporkan”, ujar Kapten Inf Sarkun.

“Terkait hal itu Koramil 0827/01 Kota sebagai satuan apkowil, melalui seluruh babinsa koramil 0827/01 Kota dalam kegiatan komsos menghimbau perangkat desa dan warga binaannya agar tidak resah dan tetap tenang beraktivitas seperti biasa menghadapi bencana covid-19”, ungkap Kapten Inf Sarkun.

“Catat dan pantau tamu dengan diadakan pengecekan isolasi mandiri terhadap warga yang datang dari perantauan atau dari berbagai daerah selama 14 hari, untuk memastikan bahwa warga tersebut selama isolasi mandiri tidak menimbulkan gejala yang mengarah ke virus Covid – 19 dan dinyatakan aman atau sehat. Terutama yang menginap dan yang tidak kita kenal. Kita antisipasi sejak dini dan selalu saling mengingatkan agar tetap menjaga situasi Desa agar tetap aman dan kondusif”, pungkasnya.

(Pendim0827 Sumenep)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPU Resmi Tetapkan Achmad Fauzi – Hj Dewi Khalifah, Sebagai Bupati Sumenep

SUMENEP, (TransMadura con) – Pasangan calon (Paslon) Achmad Fauzi – Nyai Hj ...