Home / SUMENEP / HTN 2020, Sejumlah Mahasiswa Aksi Tuntutan Ketidak Stabilan Harga Tembakau

HTN 2020, Sejumlah Mahasiswa Aksi Tuntutan Ketidak Stabilan Harga Tembakau

SUMENEP, (TransMadura.com) – Dalam Rangka Hari Tani Nasional 2020, sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan FAMS Sumenep, melakukan aksi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (PDRD) Sumemep, Madura, Jawa Timur, Kamis (24/9/2020).

Mereka melakukan, tuntutan ketidak stabilnya harga komuditas pertanian di Kabupaten Sumenep yang menjadi masalah bagi petani.

Sehingga, salah satunya harga Tembakau yang menjadi salah satu harapan kaum tani Kabupaten Sumenep dengan harga rata rata hanya di banderol di bawah Rp. 30 ribu/Kg.

Bahkan, harga tembakau dibawah Rp. 20 ribu/Kg. Sehingga, harga tembakau hari ini belum bisa menjadi harapan petani, kondisi begitu menyebabkan kaum tani merugi, karena hasil tani tidak sebanding dengan modal yang dikeluarkan.

“Harapan kaum tani pastinya ada kenaikan harga tembakau agar tidak mengalami kerugiaan. Pemerintah Kabupaten Sumenep diharapkan ada kejelasan regulasi dan ketidak seimbangan harga tembakau yang dialami para petani,” kata salah satu yang orasi.

Selain itu tembakau, juga terkait Garam, salah satu garapan para petani setiap hari mengalami penderitaan yang sama dengan petani tembakau.

Namun, para petani hanya bisa pasrah menerima keadaan. Berlimpahnya garam tidak bisa menggantikan kucuran keringat yang dikeluarkannya, tidak bisa membuat teduh dari sinar matahari saat mereka bekerja.

“Harga Garam di Kabupaten Sumenep dengan kualitas sangat bagus hanya dihargai Rp 350 per kilogramnya,” tukasnya dalam orasinya.

(Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Babinsa Gapura, Bantu Anak Sekolah Menyeberangi di Jalan Longsor

SUMENEP, (TransMadura.com) – Kepedulian Sebagai Aparat Babinsa Koramil 0827/16 Gapura Sertu Rasul ...