Home / SUMENEP / Upaya Dinkes Sumenep Sejak 6 Warga Saronggi Dinyatakan Meninggal Karena Corona

Upaya Dinkes Sumenep Sejak 6 Warga Saronggi Dinyatakan Meninggal Karena Corona

SUMENEP, (TransMadura,com) –
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam upaya sejak Kecamatan Saronggi, di Lockdown setelah 6 warga setempat dinyatakan meninggal karena Virus Corona.

Sehingga, terhitung sejak Senin, (21/9/2020) kemarin, enam desa di Kecamatan Saronggi ini di isolasi atau Lockdown.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sumenep, Agus Molyono memaparkan, bahwasanya kebijakan Lockdown akan dibarengi dengan berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

Diantara upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan bersama tim yang ada, yakni melakukan tracing dan pemantauan penyakit tidak menular (PTM).

“Penyakit tidak menular atau yang biasa disebut PTM ini juga sebagai pemicu Virus Corona,” kata Kadinkes Agus, Selasa (22/09/2020).

Namun, yang dimaksud dengan PTM ini, jelasnya, salah satunya pemicu tekanan darah tinggi, kencing manis, atau diabetes dan penyakit jantung. “Yang demikian itu harus dilakukan tracing ketat,” tegasnya.

Langkah berikutnya, lanjut Kadis Agus, setelah dilakukan screening ketat terhadap pengorbit Virus Corona itu, dan ternyata ada gejala maka, akan dilakukan rapid tes.
“Jika ternyata hasilnya positif akan dilakukan swab,” terangnya.

Selain itu juga, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (BP3S) Sumenep Hj. Kusmawati, mengatakan, untuk di Kecamatan Saronggi juga disediakan cairan desinfektan di semua rumah warga yang dinyatakan terkonfirmasi.

“Semua upaya pencegahan itu, mulai dari screening, tracing, rapid tes dan swab, termasuk penyediaan cairan desinfektan itu tidak dipungut biaya alias gratis,” pungkas Istri mantan Ketua DPRD Sumenep, H. Herman Dali Kusuma ini.

(*)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sinergitas Babinsa Saronggi, Dengan Sosialisasi Protokol Kesehatan

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pentingnya meningkatkan sinergitas dengan seluruh instansi dan komponen masyarakat ...