Home / SPORTAINMENT / Ragam Budaya Kesenian Asli Sumenep Diminati Wisatawan Asing

Ragam Budaya Kesenian Asli Sumenep Diminati Wisatawan Asing

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Bermacam hiburan masyarakat dalam sajian spektakuler yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam rangka rangkaian visit Sumenep 2019, Rabu (27/11/2018) malam.

Sajian itu, menampilkan seni budaya asli Sumenep, yakni
meliputi, Ludruk, Macopat, Tari Muang sangkal, Karawitan, Tari topeng, Tari Gambuh, Ojung Galundang, Sandur, Samman, Hadrah, Saronen, jeren esek, Uldaul, Kerajinan Topeng dan Kerajinan batik.

Hasil pantauan media ini, tampak terlihat wisatawan asing asal australia juga hadir menyaksikan pegelaran ragam budaya kesenian asli kota keris ini

Bupati Sumenep Dr KH. A Busyro Karim, M.Si menyampaikan, pentas seni yang di gelar depan Taman bunga Potre koning sampai labang mesem Karaton Sumenep menampilkan beberapa kesenian asli Sumenep yang merupakan karya para leluhur Sumenep.

“Suguhan kesenian diperuntukkan kepada masyarakat Sumenep dan para undangan VIP dari Provinsi Jawa timur dan segenap para wisatawan,” kata Bupati Busyro.

Busyro yang merupakan mantan DPRD Sumenep dua periode ini menyampaikan, demi meningkatkan minat masyarakat dan para wisatawan berkunjung ke Sumenep maka di gelarnya seni budaya.

“Masyarakat dan para tamu Vip dari provinsi Jatim juga para wisatawan bisa menikmati dan belajar langsung sini budaya yang dimiliki oleh Sumenep,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Agus Mulyono MCH saat mendampingi wisatawan manca Negara dari Australia Mr Brouwn menyampaikan, pagelaran ini merupakan rentetan visit Sumenep 2019 dan juga kegiatan puncak HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke -55 yang menampilkan seni budaya asli Sumenep.

“Program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Sumenep dalam meningkatkan kunjungan wisata dengan menampilkan seni budaya dan mengenalkan seni budaya kepada para tamu kehormatan dari Pemprov Jatim juga kepada wisatawan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Mr Brouwn melalui Kepala Dinkes Agus mengatakan, seni budaya yang di miliki oleh Kabupaten Sumenep sangat banyak dan layak di lestarikan dan di kembangkan.

“Saya terkesan sekali dengan seni budaya yang dimiliki oleh Sumenep dan patut sekali Sumenep sebagai kota wisata dengan beragam kesenian dan tempat wisata yang ada,” ungkap wisman asal Australia ini

Bahkan dirinya mengagumi setiap kesenian yang dimiliki Sumenep, ini menunjukkan masyarakat Sumenep dari leluhur terdahulu merupakan orang yang memiliki jiwa seni.

Tak sedikit para tamu undangan dibuat ‘terhipnotis’ dengan penampilan seni dan budaya asal bumi sumekar ini

“Ini menunjukkan masyarakat Sumenep mempunyai jiwa seni yang tinggi, dan perlu dilestarikan sebagai icon Kabupaten Sumenep,” jelasnya. (Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkab Sumenep, Gelar Maulid Nabi 1443 Hijriyah di Depan Masjid Jamik

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, menggelar peringatan Maulid ...