Home / SUMENEP / BPPKD Sumenep Terus Menekan PAD 2019, Potensi Pajak Mulai Berkembang

BPPKD Sumenep Terus Menekan PAD 2019, Potensi Pajak Mulai Berkembang

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus ditingkatkan. Hal ini dengan potensi pajak restoran dan perhotelan yang sudah mulai berkembang.

Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sumenep, tahun 2019 terus berinovasi memaksimalkan potensi pajak yang ada. Selain itu juga sektor wisata yang dinilai sangat besar pendapatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan terus dikembangkan.

“Tahun 2018 pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumenep, mencapai Rp 180 miliar atau sekitar 79,66%. Dengan target Rp 226 miliar,” kata Plt Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sumenep, H. Imam Sukamdi, SE. MM

Lanjut Imam, pencapaian itu dinilai sudah mencapai target. Sehingga tahun 2019 akan terus berinovasi untuk tetap meningkatkan PAD,

Namun kata Imam, komponen yang berperan besar dalam meningkatkan PAD adalah Pajak Daerah, Retribusi Daerah, pendapatan lain-lain yang sah, diantaranya BUMD. Sedangkan Total Rp 180 miliar pencapaian PAD Sumenep Tahun 2018 dengan target 226 miliar dengan rincian.

“Pajak Daerah dengan target 27,817 miliar terealisasi 30 miliar berarti ini melampaui target sekitar 3,93 Miliar. Sedangkan Retribusi Daerah dari target 16 Miliar hanya tercapai 13 Miliar,” jelasnya.

Kendati demikian, pengelola kekayaan Daerah dari target Rp 18 Miliar terealisasi 18 Miliar. Sementara PAD paling besar dari target 163,545 Miliar berhasil terealisasi 117 Miliar.

“Kami berharap dari hasil ini, tahun 2019 terus ada peningkatan, melihat potensi yang ada” harapnya. (Asm/Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Disdik Sumenep Dapat Penghargaan LEPRID HGD 2020

SUMENEP, (TransMadura.com) – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ...