Home / SUMENEP / APK Dirusak, Bacaleg Dapil III Laporkan Warga ke Bawaslu Sumenep

APK Dirusak, Bacaleg Dapil III Laporkan Warga ke Bawaslu Sumenep

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Bakal Calaon Legislatif (Bacaleg) Daerah Pemilihan (Dapil) III mendatangi badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep, Jawa Timur, melaporkan adanya dugaan pengrusakan alat peraga kampanye.

Mereka melaporkan, terdapat dua APK yang dirusak, yakni APK yang terletak di RT 01 RW 02 dan RT 03 RW 02 Dusun Rembang, Desa Pragaan, Kecamatan Pragaan. Kedua APK itu dirusak dengan cara dilubangi kepala bacaleg. Sehingga menyebabkan tim dari M Ramzi barang.

“Saya melaporkan perusakan APK salah satu caleg dari Partai Hanura atasnama M Ramzi,” kata Faisal, selaku pelapor saat ditemui di Kantor Bawaslu Sumenep, Selasa,

Selain itu, kata Faisal, melaporkan dua orang berinisial A dan H warga Desa Pragaan Daya. “Dia bukan tim tapi pendukung salah satu bacalag dari desa yang sama,” kata dia.

Sebagai tindak lanjut laporan itu, kata Faisal dirinya mendatangkan tiga saksi untuk dihadapkan pada Bawaslu. Ketiganya didatangkan untuk memperkuat laporan yang disampaikan.

“Kami apresiasi ada kinerja Bawaslu yang respon atas kinerja Bawaslu untuk menindaklanjuti laporan kami, kami berharap Bawaslu profesional dalam memproses ini,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Sumenep Imam Syafii membenarkan koran tersebut. “Benar ada perusakan APK, dan diterima Bawaslu pada Rabu kemarin,” katanya.

Setelah laporan itu diterima kata dia, Bawaslu langsung berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Sesuai arahan dari Bawaslu laporan tersebut harus ditindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku.

“Karena berdasarkan hasil Rapat Pleno laporan itu sudah memenuhi syarat materiil dan formil, maka harus ditindaklanjuti ke Gakumdu,” ungkapnya.

Sesuai hasil kajian sementara di Gakumdu, lanjut Imam saksi pelapor dinilai lemah. Sehingga Bawaslu menyarankan pelapor untuk mendatangkan saksi yang dianggap mengetahui tentang pengrusakan itu.

“Ada tiga saksi yang dihadirkan Pelapor dan telah kami minta keterangan. Hasilnya nanti akan kita kaji kembali di Gakumdu,” tukasnya, (Asm/Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

“Moh Yasid” Lepas Kendali Hingga Penumpang Meninggal Dunia

SUMENEP, (TransMadura.com) – Kecelakaan tunggal Mini Bus Isuzu No Pol.: N 7331 ...