Home / SUMENEP / Babinsa Campor Barat Laksanakan Upsus Pembersihan Rumput Jagung

Babinsa Campor Barat Laksanakan Upsus Pembersihan Rumput Jagung

SUMENEP, (TransMadura.com) – Upaya untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung maka perlu dilakukan perawatan. Sabtu, (17/11/2018).

Dalam kondisi sibuk dengan kegiatan dinas, akan tetapi bagi Babinsa Koramil 0827/14 Ambunten terutama Sertu Yuli Prastyo selalu menyempatkan waktu melakukan pendampingan pertanian dalam rangka swasembada pangan.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Ambunten pada kesempatan kai ini melaksanakan upaya khusus (upsus) pendampingan petani yaitu membantu pembersihan lahan kebun jagung milik Bapak Asruki di Dusun Kolpo Desa Campor Barat Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur.

Dalam pendampingan tersebut terlihat Babinsa Sertu Yuli Prastyo bersama warga binaan melakukan pencabutan rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung. “Tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal,” kata Babinsa.

Dia menambahkan, pada pengendalian satu masalah faktor utama yang dihadapi para petani dalam upaya peningkatan produktivitas jagung yaitu “Gulma” (tanaman liar). “ungkapnya”.

Sementara, Batituud Ramil 0827/14 Batang Batang mengungkapkan, tanaman jagung tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

Pengendalian tersebut harus dilakukan mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah. Ini dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat binaan, “ujarnya”.

Bapak Asruki pun sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah bersedia mendampingi para petani. Sehingga petani khususnya di Dusun Kolpo Desa Campor Barat mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara merawat serta menanam jagung dengan baik dan benar.

Dirinya berharap dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani akan menghasilkan panen sesuai yang diharapkan. Hingga akhirnya dapat mendukung suksesnya kegiatan swasembada pangan sesuai yang di canangkan oleh Pemerintah. (Ratman/Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Disdik Sumenep Dapat Penghargaan LEPRID HGD 2020

SUMENEP, (TransMadura.com) – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ...