Home / SUMENEP / Warga Cangkreng Gotong – Royong Tanggul Jebol, Pemkab dan Desa Tutup Mata

Warga Cangkreng Gotong – Royong Tanggul Jebol, Pemkab dan Desa Tutup Mata

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Masih ingat banjir yang melanda di tiga Desa akibat jebolnya tanggul sungai kali saroka, tepatnya di Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, mulai 2015 terjadi luapan air yang sangat besar. Bahkan pada 2017 lalu sampai merusak puluhan hektar tanaman padi masyarakat.

Lahan dan rumah terdampak luapan air sungai meliputi tiga desa yaitu, Desa Cangkreng, Desa Meddelan, dan Desa Sendir, Sampai merendam puluhan hektar tanaman padi, akibat tanggul sungai jebol.

Namun, hal ini sedikitpun tidak ada perhatian pemerintah desa maupun pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk memperbaiki tanggul yang rusak tersebut.

“Karena ini akan menghadapi musim penghujan , sehingga Kekhawatiran masyarakat setempat muncul menjelang musim penghujan mengambil langkah alternatif kerja sendiri memperbaiki tangngul dengan cara swadaya gotong – royong,” kata warga setempat Sutrisno, disela sela kerja gotong royong kepada media ini, minggu (21/10/2018).

Dia memaparkan, selama ini Kepala Desa (Kades) Cangreng, tidak pernah merespon terhadap tanggul yang rusak. Bahkan sampai detik ini, tidak ada informasi kepada masyarakat untuk memperbaiki tanggul tersebut.

“Selama ini tidak ada perhatian sama sekali dari pihak Desa, anggaran DD kan cukup besar, harusnya ini diperioritaskan dulu, sebab menyangkut penghasilan petani. Sementara ya, kami warga khususnya Dusun Dedder, RT 005 RW 002 bekerja secara gotong royong atau swadaya,” keluhnya.

Tris panggilan akrabnya berharap kepada pihak Desa maupun instansi terkait, agar dapatnya memperhatikan nasib masyarakat untuk memperbaiki tanggul tersebut. “Kami masyarakat kecil hanya bisa berharap, semua kembali kepada pemegang anggaran, agar memperhatikan nasib masyarakat kecil, khususnya Kepala Desa Cangkreng sendiri, Dana Desa harus tepat sasaran,” pungkasnya.

Sementara, pihak desa dan instansi terkaita sampai berita ini diturunkan, belum bisa dimintai keterangan. (Asm/Fero/Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Proses Izin Usaha, Sikap Investor Memiliki Program Seiring Dengan Pemkab Sumenep

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura akan mempermudah izin bagi ...