Home / SUMENEP / Kerusakan Rumah Akibat Gempa Sapudi Dari 498 Bertambah Dua Kali Lipat

Kerusakan Rumah Akibat Gempa Sapudi Dari 498 Bertambah Dua Kali Lipat

SUMENEP, (TransMadura.com) – Data kerusakan akibat gempa bumi Situbondo berkekuatan 6,4 SR di Pulau Sapudi, Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada waktu lalu, sampai hari bertambah dua kali lipat dari data sebelumnya.

Berdasarkan data Badan Penaggulangan Benacana Daerah (BPBD) Sumenep, laporan terbaru kerusakan rumah bertambah menjadi 970. “Laporan yang masuk pada kami bertambah, dari sebelumnya 498 rumah saat ini menjadi 970 rumah,” kata Kepala BPBD Sumenep, Rahman Riadi saat ditemui di Pelabuhan Kalianget, Kamis, 18 Oktober 2018.

Rahman menuturkan, data tersebut masih belum final dan perlu dilakukan evaluasi. Sebab, terdapat beberapa kriteria kerusakan dan bisa dibantu pemerintah.

Rumah dikatakan rusak ringan apabila tingkat kerusakannya mencapai 30 persen, sementara untuk kerusakan sedang apabila tingkat kerusakannya mencapai 45 persen dan dikatakan rusak berat apabila kerusakannya mencapai minimal 75 persen.

“Nah data yang baru ini masih akan kami evaluasi lagi, kami tidak ingin bantuan yang akan kami berikan sampai salah tempat. Sehingga ada yang dirugikan nanti,” tegasnya.

Untuk diketahui Gempa magnitudo 6,4 SR mengguncang Situbondo, Kamis, 11 Oktober 2018 sekitar pukul 01:44:57 WIB dini hari. Pulau Sapudi merupakan daerah terdampak yang paling besar, ratusan rumah rusak, puluhan warga luka-luka dan sejumlah warga meninggal dunia. (Fero/Asm/Red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demo Kadisdik Sumenep Terlalu “Dini”, Legislator: Beri Kesempatan Bekerja

SUMENEP, (TransMadura.com) – Akhir-akhir ini Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep menjadi target sorotan ...