Home / SUMENEP / AMOS Akan Menggagas Lahirnya Desa Wisata di Sumenep

AMOS Akan Menggagas Lahirnya Desa Wisata di Sumenep

SUMENEP, (TransMadura.com) – Banyaknya potensi wisata yang tersebar di sejumlah Desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur disambut hangat oleh Asosiasi Media Online Sumenep (AMOS). Bahkan, AMOS akan menggagas lahirnya desa wisata di kabupaten berlambangkan kuda terbang itu.

Ketua Asosiasi Media Online Sumenep (Amos), Ahmadi Muni mengatakan, banyak potensi wisata yang belum tergarap. Salah satunya, air terjun di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru. Meskipun mempunyai daya tarik bagi wisatawan, namun destinasi itu belum tersentuh pembangunan

“Sudah waktunya Sumenep menggarap wisata desa,” katanya.

Lahirnya gagasan desa wisata itu, kata Madi panggilan akrabnya, setelah Gabungan media online belajar tentang wisata dan proses peliputan guna menunjang promosi sejumlah destinasi diberbagai daerah. Salah satunya ke Kabupaten Banyuwani dan Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).

Selain itu menurutnya, sebagai langkah kongkrit untuk membangun desa mandiri. Diyakini lahirnya wisata di setiap desa bisa menggerek pertumbuhan ekonomi dan berdampak pada penekanan angka pengangguran.

“Maka dari itu kedepan kami akan menggali potensi wisata disetiap desa. Kami ingin setiap desa ada wisata unggulan,” ungkapnya.

Oleh karenanya, kata Ahmadi kedepan AMOS akan melakukan kajian secara mendalam terhadap potensi wisata setiap desa. Bahkan AMOS siap memberikan pendampingan dan pembinaan pada desa yang membutuhkan. “Kami siap untuk mendatangkan konsultan untuk mengkaji sekaligus pembinaan bagi desa yang ingin mandiri,” tegasnya.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 334 Desa/Kelurahan yang tersebar di 27 Kecamatan daratan maupun kecamatan kepulauan, dengan jumlah pulau sebanyak 126 pulau, 48 diantaranya merupakan pulau berpenghuni.

Beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Sumenep, resmi melaunching Calender of Event (CoE) Sumenep Visit 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Sedikitnya 36 event siap digulirkan untuk memanjakan wisatawan saat berkunjung ke kota keris ini. (Asm)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ws Danramil Giligenteng Dampingi Tim Nakes Pemindahan Isolasi Mandiri Ke Tempat Isolasi Terpusat

SUMENEP, (TransMadura.com) – Ws. Danramil 0827/23 Giligenteng Serma Triyanto dan 2 ora. ...