Home / SUMENEP / Pemborosan Pengadaan Mobdin Bupati Seharga 2 Miliyar 11Juta

Pemborosan Pengadaan Mobdin Bupati Seharga 2 Miliyar 11Juta

Transmadura.com, Sumenep –
Cukup besar anggaran yang akan dikucurkan Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk pengadaan Mobil Dinas ( Mobdin) untuk Bupati.
Tak tanggung – tanggung yang dianggarkan mencapai Rp. 2 miliyar 11 juta. Padahal, baru tahun 2016 pemerintah kabupaten Sumenep mengadakan mobdin untuk bupati sebesar Rp 750 juta, wabup dan sekda sebesar Rp 400 juta. Jadi, pada tahun lalu, anggaran sudah cukup tersedot untuk mobdin. Anehnya, tahun ini kembali dianggarkan Rp 2 miliyar 11 juta.
Informasinya, anggaran itu sudah disetujui komisi I DPRD Sumenep. Saat ini diusulkan ke Gubernur untuk dilakukan evaluasi atas rencana pengadaan mobdin orang nomor satu di lingkungan pemkab kota sumekar. Jadi, masih menunggu Gubernur.
Hal itu dapat tudingan dari Bupati LIRA Sumenep, bahwa dengan anggaran pengadaan mobdin bupati sebesar itu berlebihan, cukup besar hingga mencapai 2 miliyar lebih.
“Anggaran tersebut cukup besar. Kami menganggap sebagai pemborosan anggaran. Manfaatnya hanya kepada bupati, ” katanya.
Padahal menurutnya, presiden sudah mewanti-wanti untuk melakukan efisiensi angggaran. Malah ini menghamburkan anggaran miliaran hanya untuk mobdin. “Mobil camry bupati masih ada, Pajero juga masih ada. Ngapaian mau ngadakan lagi, ” ungkapnya.
Mantan aktifis HMI Pamekasan ini menuturkan, dana Rp 2 miliar itu tentu jika tidak dibuat bisa dialihkan ke program yang bersentuhan masyarakat. “Yang cukup aneh lagi, mobdin ini dianggap mendesak hingga mendahului PAK. Sangat ironi, ” ungkapnya.
Anggota komisi I Djoni Tunaidi menjelaskan, mobdin bupati dianggap sangat mendesak. Sebab, bupati hanya memiliki satu mondin, yang Pajero dianggap tidak layak, karena sering kecelakaan. “Itu sudah dianggap cukup mendesak, makanya kami setujui usulan kabag Umum. Sekarang sudah ada di Gubernur, ” tuturnya.
Menurut Politisi Partai Demokrat ini, itu dilakukan untuk memperlancar tugas bupati. Sementara mobdin yang akan dibeli memiliki cc 3200. “Ya, uang segitu untuk kepentingan tugas bupati ke bawah. Agar tidak tersendat, ” tuturnya.
Kabag Umum Setkab Sumenep Chainur Rasyid enggan memberikam tanggapan terkait masalah ini. “Ya, tunggu saju. Rekomendasi belum turun, ” katanya berulang-ulang. (Asm/hy)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

“Moh Yasid” Lepas Kendali Hingga Penumpang Meninggal Dunia

SUMENEP, (TransMadura.com) – Kecelakaan tunggal Mini Bus Isuzu No Pol.: N 7331 ...