130 Orang dari 19 Desa Akan Mengikuti Seleksi Test Uji Kompetensi Bacalon Pilkades di Sumenep

SUMENEP, (TransMadura.com) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, ada 19 desa dengan jumlah 130 orang bakal calon (Bacalon) akan mengikuti test uji kompetensi. Pasalnya, sesuai SK bupati, pemerintah kabupaten akan menggelar seleksi tambahan Bacalon pada tanggal, 10 s/d 21 juni 2021.

“Ada 130 orang dari 19 Desa akan mengikuti seleksi tambahan test uji kopetensi ditingkat kabupaten,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh Ramli.

Menurutnya, sesuai SK bupati seleksi tambahan ditingkat kabupaten akan digelar tanggal 10 sampai dengan 21 Juni 2021. “19 desa itu akan mengikuti seleksi yang jumlah lebih dari lima pendaftar,” ujarnya.

Baca Juga :   Komisi II DPRD Sumenep: Dua BUMD Belum Sehat

Sehingga, hal itu dilakukan, kata mantan Kadinsos ini, setelah para pendaftar melalui seleksi administrasi dan scoring di tingkat desa. “scoring itu sudah berjalan di tingkat panitia Pilkades, nanti tinggal seleksi tambahan di tingkat kabupaten,” jelasnya.

Selain itu, Ramli mejelaskan, kabupaten Sumenep yang mengikuti pesta demokrasi di tingkat desa Pilkades serentak 2021 sejumlah 86 desa yang tersebar di berbagai kecamatan. Namun, penetapan calon akan diselenggarakan pada tanggal 22 Juni 2021. “Seleksi digelar tanggal 10 sampai dengan 21 Juni 2021. sedangkan penetapan calon akan digelar tanggal 22 Juni,” tutupnya.

(Asm/red)