Home / POLITIK / Event Visit Ketupat 2019 di Pantai Lombang Gagal Digelar

Event Visit Ketupat 2019 di Pantai Lombang Gagal Digelar

SUMENEP, (TransMadura.com) – Rangkaian kegiatan event visit tahun 2019 yang akan diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, rencana akan digelar dipantai wisata lombang dala Festival lebaran ketupat

Namun, rencana event visit di salah satu destinasi wisata tertua di kabupaten berlambangkan kuda terbang ini gagal. Sehingga, rencana tersebut batal digelar dan dialihkan ke pantai Salopeng.

“(Even) Ketupatan tetap ada, tapi dialihkan di Slopeng,” kata Carto, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, saat dikonfirmasi media.

Salah satu alasan pemindahan tempat itu kata Carto, karena Pantai Slopeng dianggap lebih strategis karena lebih dekat dengan pemukiman warga.
“(Kalau) tempat Lombang masyarkat jauh, (di Slopeng) masyarakat lebih dekat disana, dan kami yakin nanti lebih banyak. (Kalau di Lombang) lebih jauh dari pemukiman (warga),” ungkapnya.

Selain tempat kata Carto, konsep yang bakal diusung nanti berbeda dengan pegelaran even tahun sebelumnya, yakni lebih mengangkat tradisi lokal. Sehingga adanya event tersebut nantinya bisa benar-benar dinikmati oleh masyarakat.

“Modelnya mengangkat tradisi, tidak seperti dulu. Kita akan menggerakan masyarakat, sehingga benar-benar dinikmati oleh masyarakat, oleh rakyat,” jelasnya.

Salah satunya lanjut mantan Asisten I Setkab Sumenep itu dengan cara membeli produk lokal. Nantinya setiap pengunjung akan mendapatkan makanan gratis saat berkunjung di Pantai Slopeng.

“Kita berdayakan masyarakat disana, masyarakat penjual soto, rujak, campor untuk diberi uang sama kita untuk digratiskan (pada pengunjung),” ungkapnya.

Konsep itu diyakini akan lebih efisien dari sisi anggaran dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi kerakyatan. “Jadi, punya (ada anggaran) Rp 10 juta pun jadi, kalau harga (rujak, soto, campur) Rp 7 ribuan, kan dapat berapa puluh ribu (porsi), kita berdayakan masyarakat disana,” tegasnya. (Asm/Red)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*