Home / NUSANTARA / Babinsa 0827/09 Pragaan Bantu Melakukan Perawatan Padi

Babinsa 0827/09 Pragaan Bantu Melakukan Perawatan Padi

SUMENEP, (TransMadura.com) – Guna untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional khususnya diwilayah Kabupaten Sumenep yang perlu kita pahami dan dilaksanakan dalam bercocok tanam padi yaitu ketelatenan, kejelihan dan kegigihan untuk mencapai hasil panen yang baik serta melimpah seketika padi sudah mulai proses pembuahan.

Proses perawatan yang perlu dilakukan supaya tumbuhan padi bisa tumbuh secara maksimal adalah dengan cara membersihkan tanaman lain yang tumbuh disekitar tanaman padi. Kamis, (18/1/2018).

Seperti contoh yang sudah dilakukan oleh Serda Agus, yang mana membantu melakukan pembersihan rumput atau para petani menyebutnya gulma padi di lahan milik Pak Ali Kelompok Tani (Poktan) “Suka Maju” di Desa Pragaan Laok Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur.

“Proses penyiangan ini bisa dilakukan menggunakan metode manual yaitu langsung mencabut volume memakai tangan dan membenamkan nya di dalam lumpur supaya bisa dijadikan pupuk buatan,” jelas Serda Agus.

Babinsa Ramil 0827/09 Pragaan Serda Agus M, dengan telaten beliau selalu mengontrol, melihat perkembangan penanaman padi diwilayah desa binaanya.

Kegiatan penyiangan atau mencabuti rumput di sela-sela tanaman padi tersebut dengan harapan agar rumput-rumput liar tidak tumbuh berkembang banyak dan mengambil zat-zat makanan yang dibutuhkan tanaman padi. Pentahapan penyiangan itu sendiri dapat dilakukan dua kali yang pertama setelah padi berumur 3 minggu dan yang kedua setelah padi memasuki tanam umur 6 minggu.

Pak Ali sebagai warga binaan Serda Agus, yang mana pemilik sawah tersebut mengaku sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 0827/09 Pragaan yang mana sampai saat ini masih turun ke sawah mendampingi para petani. (Man/red)

Spread the love

About tmadm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pembangunan Gedung Parlemen Baru Kandas

SUMENEP, (TransMadura.com) – Rencana pembangunan kantor DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ...