Test Tambahan Uji Kepemimpinan Bacakades di Sumenep diikuti 128 Orang

SUMENEP, (TransMadura.com) –
Uji kompetensi atau test tambahan bakal calon kepala desa (Bacakades) di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, digelar hari ini di Gedung Islamic Center, Kecamatan Batuan, Kamis (17/6/2021).

Ujian kepemimpinan ini, bagi desa yang Bacakades lebih dari 5 orang dan mereka berjuang untuk bisa lolos dan mendapat kursi pencalonan pada Pilkades serentak 2021.

“ujian kepemimpinan hari ini diikuti dari 19 desa yang Bacakadesnya lebih dari 5 orang dan tercatat ada 128 orang Bacakades yang sedang berlangsung diuji,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh Ramli.

Menurutnya, ketentuan seleksi tambahan ujian kepemimpinan untuk Bacakades ini, sesuai Perbup Nomor 54 Tahun 2019 tentang pedoman pencalonan, Pemilihan, pengangkatan, pelantikan, pemberhentian Kepala Desa.

“Ujian kepemimpinan ini sebagai salah satu seleksi tambahan pencalonan Pilkades serentak 2021 ini, ketentuan ini berlaku bagi desa yang calonnya lebih dari lima,” kata Moh Ramli.

Baca Juga :   Bersama Forkopimda, Dandim 0827/Sumenep Hadiri Hari Keluarga Nasional Yang Ke XXIX

Dalam ujian ini kata Moh Ramli, ada 4 kriteria alat ukurnya. Yakni 70 persen di kriteria pertama yang bisa dihitung, yakni dari usia, pendidikan dan pengalaman.

“Untuk 30 persennya melalui ujian, ujian ini melalui tes tulis dan wawancara dengan bobot nilai 30 persen,” katanya.

“Secara teknis tim Kabupaten sudah bekerja sama dan menunjuk LPPM Universitas Trunojoyo Bangkalan. Hasilnya akan diserahkan secara langsung dan targetnya hari ini,” katanya.

Untuk penetapan calon Pilkades 2021 ini katanya, nanti pada tanggal 22 Juni 2021. “Penetapan calon kepala desa nanti pada tanggal 22 Juni 2021,” tambahnya.

Moh Ramli menegaskan, dalam ujian kepemimpinan ini katanya susah sesuai dalam protokol kesehatan Covid-19. “Kami pastikan sudah sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2021 ini, sebanyak 86 desa yang tersebar di 20 Kecamatan di ujung timur Madura.

Baca Juga :   Pengurus Banteng Muda se-Madura Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

20 Kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Kota Sumenep ada tiga desa, Kecamatan Batuan ada satu desa, Kecamatan Giligenting ada empat desa, Kecamatan Guluk-Guluk ada empat desa. Kecamatan Ambunten ada satu desa, Kecamatan Dasuk dua desa.

Kecamatan Ganding tujuh desa, Kecamatan Gayam dan Sapudi ada satu desa, Manding tiga desa, Gapura lima desa, Dungkek tiga desa, Kecamatan/Pulau Sapeken satu desa, Bluto lima desa, Rubaru satu desa.

Kecamatan Arjasa/Pulau Kangean empat desa, Kecamatan atau pulau Raas ada lima desa, Kalianget dua desa, Saronggi enam desa.

Kecamatan Pasongsongan tiga desa, Lenteng 8 desa, Masalembu satu desa, Batuputih enam desa, Talango dua desa, Kangayan pulau Kangean tiga desa, Kecamatan Nonggunong pulau Sapudi ada satu desa.

(*)