banner 728x90

Silaturahmi Dengan Kelompok Tani, Dandim Sumenep Sampaikan Wacana Pengairan Sistem Drip

Silaturahmi Dengan Kelompok Tani, Dandim Sumenep Sampaikan Wacana Pengairan Sistem Drip


SUMENEP, (Transmadura.com)  – Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si melakukan silaturahmi dengan Kelompok Tani HM Jaya Barokah pimpinan Hj. Halimah.

Silaturahmi berlangsung di kediaman Kades Hj. Imam Mawardi, S.Pd. di Desa Billapora Timur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep. Selasa (12/9/2023).

Dalam silaturahami ini Dandim menyampaikan terkait wacana pengembangan teknik pengairan sistem drip yang fungsinya sebagai pengairan sistem tetes.

Dimana sistem teknologi drip ini di dapatkan ahli tim dari Australia. tersebut nantinya akan digunakan pada tanaman jagung saat musim kemarau.

“Teknik pengairan ini menggunakan pipa dan plastik, nanti melalui plastik itu di kasih lubang dan bisa mengalirkan air ke pohon jagung, jadi tinggal buka kran airnya mengalir ke tanaman jagung dan bisa lembab semua, sehingga tanah itu menjadi produktif. Ini akan kita coba mudah-mudahan bula depan bisa kita kerjakan,” papar Letkol Donny.

Baca Juga :   Spesialis Poli Paru RSUDMA Sumenep Dengan Dua Dokter Berkualitas

Letkol Donny mengatakan pengairan ini nantinya petani bisa gunakan untuk mengairi tanaman lainnya.

“Mudah-mudahan teknik drip ini menjadi solusi dan bisa membantu memudahkan petani mengairi tanaman jagung saat musim kemarau seperti saat ini,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap kepada para petani agar tetap konsisten menanam jagung untuk meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomiannya.

“Pada prinsipnya kami tidak berhenti mengembangkan program jagung silase ini, ada kendala kami atasi, kami belajar terus dan evaluasi, harapan kami para petani tetap konsisten, demi meningkatkan perekonomian petani di Sumenep,” pungkas Dandim Letkol Donny.

Kegiatan dilanjutkan meninjau tanaman jagung milik Kades Billapora Timur usia tanam 75 hari di lahan seluas seluas 2,5 hektar.

Baca Juga :   Babinsa Batu Putih Ikut Sosialiasi Pupuk Bersubsidi 2024