banner 728x90

Safari Kesehatan, Babinsa Koramil 06 Saronggi Dampingi Pelaksanaan Posyandu Lansia

Safari Kesehatan, Babinsa Koramil 06 Saronggi Dampingi Pelaksanaan Posyandu Lansia


SUMENEP, Transmadura.com) – Bertempat di Desa Saronggi, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Sertu Masyono mendampingi kegiatan safari kesehatan pelaksanaan posyandu lansia. Senin (26/12/2022).

Kegiatan posyandu lansia ini dilakukan oleh Dosen FIK Unija Syaifurrahman Hidayat, S.Kep.,Ns.,M.Kep, petugas pelayanan Kesehatan bersama Fakultas ilmu kesehatan universitas wiraraja dan Program studi doktor keperawatan fakultas keperawatan S3 Unair, dalam rangka Skrining Penyakit Kronik upaya peningkatan derajat pengabdian pada masyarakat.

Adapun pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan meliputi pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat yang diikuti warga lansia sebanyak 30 orang, diantaranya 7 laki-laki dan 23 perempuan.

Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Sertu Masyono mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan pelayanan kesehatan terpadu yaitu posyandu lansia dengan pemeriksaan kesehatan gratis.

Baca Juga :   Kasdim 0827/Sumenep Hadiri Upacara Harkitnas ke 116 Tahun 2024

“Safari kesehatan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat lansia, ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang hadir untuk memeriksakan kesehatan yang tidak dalam keadaan sakit,” ujarnya.

Dirinya menuturkan, bahwa warga lansia antusias memeriksakan diri karena sudah terpola dipikiran masyarakat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.

“Ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya arti kesehatan sudah sangat baik, melalui kegiatan ini juga diharapkan masyarakat dapat menjaga pola makan dan hidup yang lebih baik,” tandasnya.

Diakhir kegiatan, untuk hasil Lab akan dilaporkan pada kesempatan berikutnya, dilanjutkan pemberian sembako kepada warga lansia dari pihak UNIJA dan dari pihak UNAIR.

(Pendim0827)